Bogor Gelar Festival Budaya Helaran

Dalam rangka merayakan hari jadinya yang ke-536 tahun, Bogor kembali menghelat Festival Budaya Helaran yang digelar di Jalan Sudirman, Bogor, beberapa waktu lalu. Festival Budaya Helaran merupakan perayaan puncak peringatan Hari Jadi Bogor (HJB) ke-536 yang jatuh pada 3 Juni 2018 lalu. Agenda yang sudah yang keempat kalinya digelar sejak 2015 tersebut menghadirkan parade mobil hias, arak-arakan budaya dari seluruh OPD, kelurahan, kecamatan, hingga sektor swasta.

Kepala Seksi Pengembangan Seni, Film, dan Kelembagaan, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Bogor, Uci Sanusi menyebutkan, Festival Budaya Helaran tahun ini lebih meriah dari tahun sebelumnya. “Semangatnya sedikit berbeda, selain dalam rangka HJB, juga dalam rangka menyambut HUT ke-73 Kemerdekaan RI,” katanya.

Ia menjelaskan, Helaran berarti pertunjukan seni dan budaya yang bergerak atau pawai. Sesuai namanya, parade seni dan budaya ini menampilkan arak-arakan 50 Organisasi Perangkat Daerah (OPD), 68 kelurahan, dan enam kecamatan. Iring-iringan 12 mobil hias dari OPD, sektor swasta, maupun dunia pendidikan. Melibatkan 13 komunitas, 10 sanggar, dan enam perwakilan dari daerah lain. “Total ada sekitar 6.000 peserta maupun pendukung yang terlibat dalam Festival Helaran ini,” tambah Uci.

Sementara, Herry Karnadi, Ketua Panitia Hari Jadi Bogor ke-536, menerangkan bahwa jumlah komunitas yang terlibat di Helaran tahun ini semakin banyak karena ada komunitas-komunitas baru yang ingin ikut berpartisipasi. Termasuk partisipan dari luar kota juga turut bertambah dari sebelumnya hanya dua kota menjadi enam kota/kabupaten yang siap memeriahkan HJB, antara lain dari Kota Sukabumi, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Subang, dan Kabupaten Bogor. (Marina)

Leave a Reply

Your email address will not be published.