Festival Sail Sabang Datangkan 20 Ribu Wisatawan

Perhelatan Festival Sail Sabang berhasil mencuri perhatian wisatawan, baik dari dalam maupun luar negeri. Menurut Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, wisatawan yang hadir di festival tersebut mencapai 20 ribu orang, di mana 3.000 wisatawan di antaranya berasal dari mancananegara.

“Selain menghadiri festival Sail Sabang, banyaknya wisatawan yang hadir juga karena tertarik menyaksikan berbagai rangkaian acara yang berlangsung bersamaan dengan festival tersebut,” ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh Reza Pahlevi. Festival sendiri dimulai sejak Juli 2017.

Pemprov Banda Aceh mengaku optimistis dengan kehadiran wisatawan mancanegara. Karena acara inti sudah berjalan hampir seminggu dengan berbagai pameran. “Mereka bisa melihat (kapal) Bima Suci, Dewa Ruci karena kegiatan tidak hanya satu tapi ada free diving ada fun diving,” ungkap Reza.

Sail Sabang 2017 merupakan acara sail ke-sembilan yang digelar di Indonesia. Sail Sabang 2017 diselenggarakan pada 28 November sampai 5 Desember 2017.

Beragam acara diselenggarakan untuk meramaikan acara Sail Sabang. Sejumlah kegiatan sebagai acara pendukung juga digelar antara lain Jambore Iptek, International Freediving Competition, Sabang Underwater Contest, Sabang Carnival, Kapal Pemuda Nusantara, Aceh Culinary and Coffee Festival, Sabang Wonderful Expo and Marine Expo, Sales Mission Cruise Operator and Yacht, juga Seminar Wisata Bahari. (Marina)

Leave a Reply

Your email address will not be published.