Tiga Festival Siap Digelar di Pekanbaru

Untuk meningkatkan angka kunjungan wisatawan, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Pekanbaru akan menggelar tiga festival. Dikatakan Ardiansyah Eka Putra, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Pekanbaru, ketiga festival tersebut adalah event nasional dan internasional yang direncanakan langsung oleh Kementerian Pariwisata RI dan menjadi calender event Riau.

“Tiga festival tersebut di antaranya Festival Pacu Jalur, Event Bakar Tongkang, dan Festival Bono atau Bekudo Bono. Ketiganya akan menjadi daya tarik wisatawan yang berkunjung ke Riau, khususnya ke kota Pekanbaru,” ujarnya.

Festival Pacu Jalur akan digelar di Kuantan Singingi, di mana para wisatawan bisa melihat para pendayung nasional dan internasional di sana akan berlomba memperbutkan piala. Festival ini diperkirakan akan digelar pada bulan Agustus 2018.

Sementara, Bakar tongkang adalah event budaya etnis Tionghoa dan hanya ada di Riau. Event yang berisi adegan pembakaran replika tongkang tersebut rencananya akan diadakan sekitar bulan September 2018.

“Kami memprediksi ada ratusan ribu orang yang menonton dalam satu minggu. Pesertanya beragam, dari kampung juga kabupaten lain, ada juga peserta dari negeri tetangga (Malaysia, Red),” jelas dia.

Kemudian Festival Bono atau biasa dikenal Bekudo Bono. Festival ini digelar sekitar bulan Oktober atau November mendatang. Uniknya dalam festival ini akan hadir para peselancar dari Indonesia juga peselancar internasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published.