Ida Ayu, di Belakang Sukses Branding Kota Malang

Sektor pariwisata kota Malang tak kenal lelah dalam memperkenalkan sekaligus mengembangkan produk budaya daerahnya di kancah nasional maupun internasional. Deretan program dan event secara konsisten digelar agar keindahan kota Malang semakin menyebar. Proses ini tentu tak lepas dari kerja keras sosok Ida Ayu Made Wahyuni, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Malang. 

Dedikasi dan kemampuannya mengembangkan sektor pariwisata dan budaya Malang sudah tidak diragukan lagi. Resmi menjabat sebagai Kepala Disbudpar pada 2014, perempuan asal Pulau Dewata itu sudah mencetus puluhan event pariwisata dan seni budaya, baik di tingkat nasional maupun internasional yang berhasil menggugah perhatian para wisatawan yang berkunjung ke kota pendidikan itu.

Ibu dari tiga anak ini mengawali karirnya sebagai pegawai negeri sipil (PNS) di Pemkot Malang pada 1987 sebagai pegawai Dinas Penerangan Kota Malang. Dengan perjalanan karir cukup panjang, tepatnya pada 2007, tanpa diduga Ida Ayu akhirnya dipercayakan mengemban tanggung jawab sebagai Kabid Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Malang. 

Selanjutnya, pada 2009, Ida Ayu dipercaya menempati  posisi Kabid Diklat BKD Kota Malang. Dengan potensi dan kemampuannya yang mumpuni di sektor pariwisata, akhirnya pada 2011, ia diminta untuk menjabat Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Malang. Meski sempat diterpa ‘angin’ mutasi, menjadi Kepala Disperindag Kota Malang (2013). Namun, pada 2014, ia kembali menjabat sebagai Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Malang, hingga saat ini.

Selama menjabat Kepala Disbudpar Malang, lulusan Magister Administrasi Publik Universitas Merdeka (Unmer) Malang itu bercita-cita ingin mengantarkan kota Malang, dikenal ke pentas dunia, khususnya dalam sektor budaya dan pariwisata.

“Kami selalu fokus mengembangkan ide dan kreativitas untuk menarik wisatawan agar mau mengunjungi kota Malang. Kami yakin dengan kehadiran mereka akan menimbulkan multiplayer effect yang luar biasa. Selain Malang bisa semakin dikenal, segala budaya dan pariwisatanya juga sekaligus bisa menjadi penggerak bagi roda perekonomian masyarakat Malang,” pungkas Ida Ayu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.