Telkomsel Digitalisasi Destinasi Wisata Indonesia Timur

Februari 2018 ini Telkomsel mengumumkan komitmennya untuk melakukan digitalisasi berbagai destinasi wisata berkelas dunia di seluruh Indonesia, termasuk di wilayah timur Indonesia. “Kami telah membangun sejumlah BTS 4G LTE baru untuk mempermudah wisatawan yang ingin berbagi dan menyebarkan eksotisme Indonesia ke seluruh dunia,” sebut Executive Vice President Area Pamasuka Telkomsel Ronny Arnaz di Raja Ampat, Papua Barat, beberapa waktu lalu.

Menurutnya, komitmen ini merupakan wujud dukungan Telkomsel dalam memajukan pariwisata nasional melalui penggelaran jaringan 4G LTE yang andal di empat destinasi wisata prioritas di Indonesia Timur, seperti Wakatobi di Sulawesi Tenggara, Morotai di Maluku Utara, Bunaken di Sulawesi Utara, dan Raja Ampat di Papua Barat.

Melalui digitalisasi tersebut, Telkomsel berharap kota-kota tersebut bisa semakin menarik wisatawan untuk berkunjung langsung menikmati Wonderful Indonesia—dan pada gilirannya dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi wilayah di sekitarnya. Upaya yang dilakukan Telkomsel antara lain dengan optimalisasi jaringan melalui perluasan jangkauan, penambahan kapasitas, dan peningkatan kualitas jaringan untuk kenyamanan layanan telekomunikasi. Selain itu, juga dengan penambahan sistem transmisi dan implementasi layanan 4G LTE untuk memberikan pengalaman pita lebar (broadband) berkualitas. Telkomsel juga mengerahkan BTS bergerak dan menambah kapasitas jaringan untuk mendukung agenda berskala nasional maupun internasional di lokasi wisata prioritas.

Untuk wilayah Wakatobi, Telkomsel telah menyiapkan 15 Base Transceiver Station (BTS) 4G LTE. Sementara itu, di Morotai, Bunaken, dan Raja Ampat, Telkomsel telah membangun masing-masing lima, enam, dan tujuh BTS 4G LTE. “Secara nasional, Telkomsel telah membangun 639 BTS 4G LTE di 12 destinasi wisata prioritas di Indonesia,” ungkap Ronny.

Leave a Reply

Your email address will not be published.