“Wonderful Sail to Indonesia”, Branding Baru “Wisata Bahari Indonesia

Untuk mengembangkan wisata maritim Indonesia, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) lewat Tim Percepatan Pengembangan Wisata Bahari meluncurkan branding baru untuk mempromosikan wisata layar di Indonesia, yaitu “Wonderful Sail To Indonesia”, beberapa waktu lalu di Jakarta.

Menurut Indroyono, Ketua Tim Percepatan Pengembangan Wisata Bahari Kemenpar, branding Wonderful Sail to Indonesia memiliki lima lima rally sail dunia yang telah ada di Indonesia, antara lain Wonderful Sail Anambas To Natuna, Wonderful West Kalimantan Rally, Back To Down Under Rally, Wonderful Sail To Indonesia, dan Wonderful Sail Indonesia.

Menurut Anggota Bidang II Tim Percepatan Pengembangan Wisata Bahari Kemenpar, Raymond T. Lesmana, sebelumnya kelima rally tersebut masih berjalan sendiri-sendiri, dan muncul-tenggelam di tengah tantangan sail dunia. “Kini kami coba sinergiskan, siapapun yang menyelenggarakan, berada di bawah brand ‘Wonderful Sail to Indonesia’ untuk promosinya,” tutur Raymond. Selain promosi, Kemenpar juga akan menetapkan standar kunjungan. Misalnya apa saja yang wajib disajikan oleh daerah-daerah untuk wisatawan yachter.

Raymond mengatakan, branding tersebut akan menjadi brand rally yacht terbesar di dunia, karena rutenya yang mengelilingi Indonesi dengan total waktu hingga lima bulan dan belasan negara sebagai partisipan.

“Indonesia itu negara kepulauan terbesar, dan lima rally tingkat dunia ini kalau berjalan bersamaan treknya mengelilingi Indonesia Sabang sampai Merauke. Waktunya juga sangat lama, semoga dampaknya terhadap pariwisata juga luar biasa,” pungkasnya.

Indroyono optimistis dengan branding baru sebagai payung ini akan mempermudah penyelenggara, maupun pemerintah daerah selaku tuan rumah. “Semoga jadi lebih terekspos di dunia, makin banyak wisatawan yang tertarik, juga dampak langsung terhadap pariwisatanya semakin besar,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.