Upaya Quipper Mempersempit Gap Pendidikan di Seluruh Dunia

Problem pendidikan bukan masalah baru bagi bangsa ini. Kesenjangan pendidikan yang terjadi di daerah dan di kota, tidak hanya terlihat dari fasilitas tetapi juga dari tenaga pengajar. Sarana dan prasarana, kualitas guru, akses sekolah menjadi masalah utama pendidikan di berbagai daerah. “Education gaps are quite big. If you're lucky, you can receive quite high quality education, by going to top schools, buying a lot of textbooks, or going to bimbels,” ujar Mr. Masayuki Watanabe, founder dan CEO Quipper, Ltd. perusahaan education technology Internasional yang masuk Indonesia tahun 2014. Didirikan pada Desember 2010, Quipper, Ltd. memiliki visi untuk mempersempit kesenjangan kualitas pendidikan yang terjadi di berbagai belahan dunia. Dengan misi sebagai “Distributors of Wisdom”, Quipper memperkenalkan revolusi pendidikan dengan mengumpulkan ilmu-ilmu bermanfaat ke seluruh dunia ke dalam platform online, yang memungkinkan hampir semua anak di dunia bisa mendapatkan kesempatan untuk belajar apa pun yang mereka inginkan, tanpa batasan dan tantangan. Saat ini Quipper, Ltd. telah beroperasi di lima Negara, yaitu Inggris, Meksiko, Filipina, Jepang, dan Indonesia.
 Tri Nuraini, Marketing Manager Quipper, Ltd.

Tri Nuraini, Marketing Manager Quipper, Ltd.

Sekali pun Indonesia bukan pasar pertama, pengguna Quipper sudah mencapai 50% dari total pasar Quipper Internasional yang jumlahnya sekarang sekitar 4 juta user. “Bayangkan saja, selama Januari sampai Juni 2016 ini, pengguna kami melonjak dari 1 juta menjadi hampir 2 juta user,” ungkap Tri Nuraini, Marketing Manager Quipper, Ltd. di Jakarta. Menurut Mr. Watanabe, besarnya potensi pasar Indonesia bukan semata karena populasi penduduknya yang sangat besar. “Not only that, a lot of students and parents are very passionate about education, and are already paying a lot of money for buying textbooks, and having private tutors and so on. But still there are many students who can't afford and the education gap is quite huge - we really want to make the gap as small as possible,” ujarnya. Dengan kondisi-kondisi tersebut, sangat beralasan jika Indonesia ditunjuk sebagai negara pertama sekaligus pasar utama dalam peluncuran produk Quipper Video beberapa waktu lalu. Quipper Video menjadi salah satu satu produk unggulan Quipper, Ltd. yang diposisikan untuk mempermudah siswa SMA dalam melewati seleksi ujian masuk perguruan tinggi. Produk ini diluncurkan ke pasar, setelah Quipper School berhasil mendapatkan 1 juta pengakses hanya dalam waktu satu tahun setelah masuk Indonesia. Quipper Video memberikan kemudahan bagi para pelajar untuk bisa belajar di mana pun dan kapan pun dengan memanfaatkan jaringan internet. Sebagai solusi belajar online, Quipper Video memiliki modul-modul pelajaran yang dikemas secara interaktif dan menarik oleh guru-guru berkualitas. Pengajar dan tutor Quipper Video memiliki pengalaman panjang di berbagai institusi pendidikan terbaik di Indonesia dan kebanyakan merupakan lulusan dari universitas terbaik seperti UI, UGM, UNPAD, dan lain-lain. Hebatnya lagi, paket langganan Quipper Video sangat terjangkau, untuk paket tahun ajaran 2016/2017 dapat diakses hanya dengan biaya Rp790.000 atau kurang dari dari Rp70.000 per bulannya. Untuk informasi lebih lanjut kunjungi https://video.quipper.com/id. Kualitas Quipper Video antara lain ditunjukkan dengan lengkapnya konten yang ditawarkan (mencakup 10 mata pelajaran yaitu Matematika, Bahasa Indonesia, Fisika, Biologi, Kimia, Ekonomi, Geografi, Bahasa Inggris, Sosiologi, dan Sejarah). Di platform tersebut, tersedia 1.860 topik pembelajaran yang dibahas secara terperinci. Masing-masing topik disajikan dengan video berdurasi 15-20 menit yang dapat diulang berkali-kali. Total durasi video mencapai 220 jam dengan konten lebih dari 12.000 soal latihan disertai pembahasannya. Selain itu juga terdapat pembahasan soal ujian tahun-tahun lalu dan try out.
Quipper Video

Quipper Video

Selain Quipper Video yang menyasar siswa kelas 12, Quipper juga memiliki produk andalan lain yaitu Quipper School. Produk ini memiliki dua fitur khusus yaitu Quipper School Learn dan Quipper School Link. Quipper School Learn menawarkan portal khusus yang memungkinkan siswa untuk mengakses atau membaca materi pelajaran, menjawab soal, mengirimkan pesan kepada guru, dan melihat performa teman sekelasnya. Sementara Quipper School Link ditujukan untuk guru guna menyiapkan tugas, melihat perkembangan siswa, mengirim pesan ke siswa, mengelola kelas, dan membuat kelas online. Inovasi program-program pembelajaran online yang digagas Quipper memperlihatkan sistem ini sangat mungkin dikembangkan untuk mengatasi berbagai keterbatasan akses pendidikan yang terjadi di pelosok-pelosok daerah. Lebih jauh, solusi belajar online bisa dipertimbangkan menjadi salah satu cara dalam mengatasai problem kesenjangan kualitas pendidikan yang terjadi di seluruh dunia.
Tags:
pendidikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Read previous post:
Membranding Bali Lewat “Sanur Village Festival”

Sanur Village Festival 2016 akan kembali digelar pada 24-28 Agustus mendatang di Maisonette Inna Grand Bali Beach. Perayaan yang memasuki...

Close