Kampanye Samsung “Lebih dari Sekadar Selfie”

(Ati Muchtar, President Director Fortune PR)

Tantangan Bisnis

Di dunia yang serba cepat saat ini, video menjadi salah satu dari jenis materi online yang memberikan nilai, relevansi, dan fleksibilitas yang dibutuhkan oleh konsumen untuk memenuhi gaya hidup yang mereka inginkan. Menurut Entrepreneur.com, pada 2019 sebanyak 80% konten online akan menjadi video. Sedangkan berdasarkan prediksi Cisco pada 2019, 80% dari traffic internet global akan didominasi oleh aktivitas streaming konten video.

Dan saat ini konten video menjadi salah satu medium yang banyak dipilih oleh pengiklan. Pada 2015, porsi konten video yang dinikmati di perangkat mobile untuk kawasan Asia Pasifik adalah 32%. Di Indonesia sendiri untuk periode yang sama, televisi masih banyak dipilih sebagai medium iklan. Sementara konten video yang disaksikan melalui perangkat mobile berkisar diangka 34%, dan sisanya diakses melalui perangkat komputer atau PC (sumber: MMA).

Hal yang menjadi tantangan adalah bagaimana kita bisa mengemas konten video yang dapat menciptakan engagement dengan konsumen? Seringkali kita terlena dan tidak cukup menggali insight dari konsumen yang akan kita sasar. Akibatnya, konten video yang dibuat tidak cukup relevan. Tantangan lainnya adalah para pemasar sudah mulai ramai memproduksi video online yang menarik. Mulai dari operator telekomunikasi, mobil, sampai e-commerce.

Mengulas kampanye digital yang terkini, Samsung telah menerapkan konten video online yang kreatif dalam mempromosikan produk Galaxy J7 Pro dan Galaxy J5 Pro. Kegiatan kampanye ini bertema “More Than Selfie”. Samsung menggunakan pendekatan video series yang berjudul Move on Trip dengan tagar #MoreThanSelfie dan #MoveOnTrip, yang telah berhasil merebut hati konsumennya. Kanal digital yang digunakan berupa Website, YouTube, Instagram, dan Twitter.

Insight & Eksekusi

Vlogging merupakan kegiatan yang sedang tren pada saat ini. Samsung dengan tajam menjawabnya dengan memasarkan series J7 dan J5 Pro yang memiliki keunggulan pada kamera Full High Definition (HD) video kamera dengan 30 fps, sehingga hasil rekaman tampak mulus. Untuk mempromosikan produk tersebut, Samsung melakukan kampanye dengan tema “More Than Selfie” yang menyasar kaum muda generasi millenial.

Tema ini menggambarkan secara langsung dan fokus pada keistimewaan dari produk Samsung yang relevan dengan gaya hidup dan kebutuhan target konsumennya. Kampanye ini diperkuat dengan eksekusi konten video online series yang kreatif dengan judul “Move On Trip”. Move on sangat relevan dengan kehidupan para remaja sehari hari, begitu juga dengan trip.

Jelas tergambarkan bagaimana Samsung telah menggali insight dari target konsumennya. Dengan secara halus dan tidak terasa, pemirsa dari konten video series ini terbuai, padahal Samsung J5 dan J7 didemonstrasikan dengan sangat jelas. Pemirsa tanpa menyadari bagaimana vloging menjadi sangat menyatu dengan kehidupan mereka dan menjadi suatu kebutuhan.

Konten video online ini didukung dan diperankan oleh Adipati Dolken, Mikha Tambayong, dan Devina Aureel yang populer dikalangan remaja. Hadir juga Kunto Aji, selain sebagai pemeran juga sebagai pencipta musik dari video.

Selain video serial, terdapat juga iklan yang sudah ditonton sebanyak 1,6 juta kali dilengkapi juga dengan kegiatan kuis bekerjasama dengan RCTI dan beberapa stasiun radio lokal. Juga kompetisi Vlogging yang bekerjasama dengan Kaskus.

Result dan Personal Input

Kampanye ini berhasil menciptakan engagement dengan para konsumennya. Berdasarkan hasil analisis Awesometrics untuk tagar #MoreThanSelfie dan #MoveOnTrip di rentang waktu 18 Agusutus sampai dengan 26 Agustus 2017, kampanye ini sebanyak 508 kali di-mention di media sosial. Khusus di Twitter, kampanye di-mention sebanyak 213 kali, dan retweet sebanyak 269 kali.

Video Move On Trip ini terdiri dari 4 seri, di mana masing-masing episode ditonton oleh sebanyak: eps 1 oleh 1,2 juta penonton, eps 2 oleh 424 ribu, eps 3 oleh 510 ribu, eps 4 oleh 1,2 juta (sumber: YouTube). Terdapat 7.265 public post untuk tagar #MoreThanSelfie, dan 606 public post untuk tagar #MoveOnTrip.

Belajar dari kampanye ini, untuk dapat menciptakan engagement dibutuhkan kreativitas dalam pengemasan kontennya. Untuk itu, penggalian insight dari sasaran pemirsa menjadi sangat penting.

Konten video dapat dinikmati di semua perangkat, dapat membantu brand recall, juga lebih mudah untuk go viral.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 thought on “Kampanye Samsung “Lebih dari Sekadar Selfie””

good job . lanjutkan
by uca, 20 Feb 2018, 17:44

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)