PR of The Year 2017: Bango “Rasa Sepanjang Masa”

BEST OF THE BEST SOCIAL PR PROGRAM 2017

Sejak diakuisisi Unilever Indonesia pada 2001, Bango secara konsisten menjalankan misi sosial untuk melestarikan warisan kuliner nusantara, antara lain melalui program tahunan Festival Jajanan Bango (FJB). Lewat FJB, Bango melakukan serangkaian aktivitas yang mengangkat regenerasi usaha kuliner tradisional untuk membantu melestarikan ragam kuliner otentik yang tersebar di seluruh Indonesia.

Festival Jajanan Bango tahun ini digelar di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang Selatan, pada awal Mei 2017 dan dihadiri oleh Bupati Tangerang Ahmed Zaki, serta Kepala Badan Ekonomi Kreatif Indonesia Triawan Munaf.

Dengan mengangkat tema regenerasi pelestarian kuliner “Rasa Sepanjang Masa”, yang menjadi hightlight dalam event ini adalah area Jejak Kuliner Nusantara. Area tersebut dikurasi langsung oleh sejarawan ternama JJ Rizal. Selain itu, FJB 2017 juga menggelar beberapa atraksi demo memasak dan menyajikan aneka hidangan tradisional yang kreatif dipandu oleh sederetan Chef dan pelaku kuliner yang berasal dari generasi muda.

Selain itu, yang membuat FJB 2017 berbeda dibanding tahun sebelum-sebelumnya adalah digelarnya kompetisi pencarian dan pemilihan 10 start-up kuliner tradisional sebelum penyelenggaraan event FJB. Dari 40 peserta, dipilih 20 finalis terbaik dengan mengambil voting secara nasional di beberapa platform digital Bango, yaitu situs www.bango.co.id dan Facebook Bango Warisan Kuliner.

Dalam program tersebut, masyarakat diminta berpartisipasi memilih start-up favorit mereka sehingga akhirnya akan terpilih 10 start-up favorit. Proses voting yang dilaksanakan selama Maret hingga akhir April 2017 ini telah berhasil mengumpulkan lebih dari 14.000 vote dari seluruh wilayah Indonesia. Pada akhirnya, 10 start-up kuliner favorit yang telah terpilih ini berhak untuk ikut serta dalam Festival Jajanan Bango 2017.

FJB 2017 juga menghadirkan 70 kuliner pilihan yang mewakili wilayah Barat, Tengah, dan Timur Nusantara. Mereka adalah: Sate Beureum Mang Soleh (Bogor), Cakalang Banda Tumbu Beta Ruma (Ambon), Sego Kucing Omah Londo (Solo), Otak-otak si Dia (Jakarta), Pindang Agan (Palembang),Sayap Legit Limo Sayapan (Bandung), Sego Rempah (Surabaya), Sop Ayam Pecok (Klaten), Sate Maranggi Tukang Masak (Purwakarta), dan Klapertaart Online (Manado).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Read previous post:
PR of The Year2017: Citi Microenterpreneurship Awards 2017

BEST OF THE BEST SOCIAL PR PROGRAM 2017 Untuk kedua belas kalinya, Citi menggelar program Citi Microenterpreneurship Awards (CMA) pada...

Close