PR of The Year 2017: Campus Citizen Journalist Liputan6.com

THE BEST CREATIVE PR PROGRAM 2017

Program komunitas boleh jadi menjadi salah satu strategi yang efektif untuk membangun brand engagement portal news. Tak heran pionir di industri media online seperti Detikom dan Kompas.com sudah menggarap komunitas ini sejak lama—Detikom dengan komunitas Blogdetik (sejak 1998), dan Kompas.com dengan Kompasiana-nya yang dibangun pada 2008.

Sebagai news portal dengan performa tiga besar di Indonesia—rata-rata dibaca oleh 48 juta unique visitor dan 344 juta page view di setiap bulannya—Liputan6.com melakukan hal yang sama dengan meluncurkan program komunitas “Campus Citizen Journalist” pada awal 2016. Tidak hanya untuk membangun brand awareness, program ini dihadirkan untuk menciptakan brand engagement Liputan6.com dengan netizen muda sebagai pembaca masa depan.

Bagi netizen, program tersebut diharapkan dapat mengubah kebiasaan mahasiswa dalam berbagi informasi di social media, yakni dapat mengubah informasi yang mereka peroleh menjadi sebuah karya citizen journalism yang layak muat di Liputan6.com. Program tersebut membidik mahasiswa dari berbagai latar belakang pendidikan yang memiliki passion di bidang media dan ingin berkontribusi melalui digital creative content (artikel).

Tiga strategi diusung Liputan6.com dalam mengeksekusi program “Campus Citizen Journalist”. Pertama, Connectivity dengan memperkenalkan dan menghubungkan brand dengan customer/netizen (public relations). Kedua, Creativity dengan membuat program kegiatan berbasis komunitas yang dikemas secara menarik dan humanis agar netizen tertarik untuk terlibat dalam program secara sukarela. Ketiga, Community dengan membangun rasa saling memiliki antara brand dan netizen dalam wadah komunitas (engagement).

Sejumlah kegiatan terkait komunitas digelar dalam program “Campus Citizen Journalist”. Pertama, Media Campus Gathering yang dilakukan setiap bulan di SCTV Tower. Tujuannya, untuk memperkenalkan Liputan6.com melalui kegiatan office tour, pengenalan digital journalism, dan terlibat dalam proses in house production INSPIRATO.

Kedua adalah Campus CJ Edu Trip. Kegiatan ini untuk memberikan unique learning experience yang berbeda bersama Liputan6.com, antara lain dengan mengemas kegiatan pelatihan jurnalistik secara menarik dan berbeda. Pada kegiatan ini, Liputan6.com bekerja sama dengan BUMN dan perusahaan yang memiliki visi dan misi yang sama.

Ketiga, menggelar kegiatan Mobile Journalism-Campus Worskhop. Kegiatan digelar roadshow ke kampus-kampus, yang dilakukan selama satu hari dengan fokus materi pada Mobile Journalism dan News Presenter. Kegiatan tersebut bekerja sama dengan HIMA/BEM Kampus, dengan tujuan untuk memperkenalkan Liputan6.com dan mendekatkan News Presenter SCTV/INDOSIAR dalam kegiatan off-air.

Keempat, kegiatan Campus CJ-Weekend Class, yakni pelatihan untuk anggota aktif bersama para editor yang sedang bertugas pada saat weekend. Program ini dilakukan secara mandiri oleh komunitas Campus Citizen Journalist Liputan6.com dengan spirit Dari Komunitas, Oleh Komunitas, dan Untuk Komunitas.

Kelima, kegiatan Thematic Competition untuk mengasah bakat dan memberikan wadah bagi kreativitas netizen di bidang jurnalistik maupun presenting. Secara berkala Liputan6.com mengadakan kompetisi tersebut dengan tujuan menjadi pemicu semangat mahasiswa untuk terus mengembangkan diri dan berprestasi di bidang news media.

Keenam, Terminal 3 Netizen Tour, yang digelar dalam rangka soft opening Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta. Dalam hal ini, Liputan6.com dan Angkasa Pura 2 menyelenggarakan berbagai macam kegiatan seperti Buka Puasa Bersama, Meet & Greet, T3 Airport Tour & Fashion Show. Kegiatan yang diikuti oleh 50 – 100 blogger dan campus citizen journalist menjadi embrio untuk menggarap komunitas pembaca Liputan6 yang lebih umum.

Ketujuh, kegiatan Healthy Adventure Camp untuk memperkenalkan Kanal Health kepada masyarakat luas dan untuk menjalin engagement dengan pembaca. Pada kesempatan itu, Liputan6.com menggandeng Bobby Ida, seorang Youtuber keturunan Indonesia yang tinggal di Jerman.

Hasilnya? Komunitas content writers untuk Liputan6.com melalui program komunitas Campus Citizen Journalist mulai terbentuk. Performa kanal Citizen6 Liputan6.com pun meningkat seiring dengan aktifnya mahasiswa mengirim tulisan dan men-share artikel buatan mereka yang dimuat ke group atau socmed pribadi mereka. Selain itu, dari 14 kanal di Liputan6.com, mayoritas kanal Citizen6 masuk dalam 5 besar kanal dengan pengunjung terbanyak di setiap bulannya. Adapun performa rata-rata kanal Citizen6 mencapai 18.798.866 per bulan dan 606.415 per hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Read previous post:
Lintasarta Rilis Cloud Marketplace untuk Segmen B2B

Era digital memicu tingginya kebutuhan perusahaan akan layanan Cloud. Alhasil, layanan cloud tengah menjadi tren di Tanah Air. Demi menjawab...

Close