PR of The Year 2017: Edukasi SGM Eksplor untuk Dongkrak Kredibilitas Produk

THE BEST MARKETING PR PROGRAM 2017

Para ibu menganggap kandungan nutrisi susu SGM Eksplor kurang lengkap dan tidak optimal untuk mendukung tumbuh kembang anak karena harganya yang relatif murah. Padahal mereka menginginkan agar si kecil tumbuh menjadi anak dengan ketrampilan sosial yang baik (Social Kid).

Inilah tantangan yang dihadapi brand SGM Eksplor. Untuk menjawab tantangan itu, Sarihusada Generasi Mahardhika, pemilik brand SGM Ekplor, menggelar kampanye bertajuk “Lengkapi Nutrisinya, Jadikan Dunia Sahabatnya” yang diselenggarakan selama enam bulan, pada September 2016 – Februari 2017.

Di samping berformat event, kampanye melibatkan para awak media (jurnalis) dan para blogger untuk mengamplifikasi kampanye kepada ibu-ibu di Indonesia melalui publikasi di media massa dan blog. Eksekusi kampanye diawali dengan edukasi Social Kid melalui kanal digital untuk menciptakan word of mouth. Berlanjut dengan kegiatan press dan bloggers conference sebagai seremoni kick off rangkaian program yang digelar di Jakarta, akhir September 2016.

Agar memperoleh publikasi yang luas, kegiatan press dan bloggers conference “Dunia Sahabat SGM” ini digelar di empat kota, yakni Yogyakarta, Medan, Surabaya, dan Makassar. Kegiatan diwarnai event tur area bermain edukatif di pusat perbelanjaan yang diikuti anak-anak bersama para orangtuanya.

Ibu-ibu yang menjad target konsumen berkesempatan mengikuti kompetisi foto dengan cara mengunggah foto dan cerita Bunda di laman (wall) Facebook Fanpage Aku Anak SGM dengan menyertakan produk SGM Eksplor (1+, 3+ atau 5+) dengan menggunakan tagar #JadikanDuniaSahabatnya.

Rangkaian kampanye dilanjutkan dengan kunjungan media ke pusat penelitian di Singapura dan pabrik Sarihusada di Klaten untuk mendukung pernyataan tentang kredibilitas produk. Kampanye diakhiri dengan acara gathering media dan bloggers di Jakarta, pada akhir Februari 2017. Dana keseluruhan kampanye SGM Eksplor mencapai Rp450 juta.

Hasil evaluasi tim internal Sarihusada terhadap kampanye ini menujukkan, jumlah coverage publikasi mencapai 286 pemberitaan dari berbagai media. Sementara publikasi para bloggers menghasilkan 2.500- 3.112 Tweets, dan 1,5 – 2,3 juta impressions. Publikasi tersebut menjangkau 12 juta ibu di seluruh Indonesia yang menjadi target.

Adapun nilai PR yang diraih mencapai Rp19 miliar lebih dengan rata-rata PR Index Berita berdasarkan muatan pesan kunci, tier media, dan penyebutan brand sebagai lead story berkisar 6,5-7,5. Kampanye mampu menjawab aspirasi para ibu dengan mengangkat benefit fungsional dan emosional SGM Eksplor sehingga target memeroleh gambaran menyeluruh tentang keunggulan produk.

Menurut juri Bambang Sumaryanto, kampanye ini bertujuan meningkatkan kredibilitas produk yakni “harga terjangkau bukan berarti tak berkualitas baik.” Keunggulan program adalah integrasi komunikasinya melalui berbagai macam saluran dan kegiatan serta kreativitas dalam memanfaatkan momentum melalui cerita-cerita yang menarik.

Program ini berlangsung selama hampir 6 bulan dan tentu saja memungkinkan pengiriman pesan berlangsung secara effektif. Keterlibatan toko dalam kegiatan ini juga merupakan nilai plus karena mereka termasuk orang yang bisa memberikan saran kepada para ibu,” komentarnya. Sementara juri Prita Kemal Gani menilai program PR ini detail dan output serta perencanaannya sangat baik dan target audience-nya sesuai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Read previous post:
PR of The Year 2017: Kampanye “Rumah Impian” BTN

THE BEST MARKETING PR PROGRAM 2017 Barangkali tidak ada yang tidak tahu bahwa Bank BTN merupakan bank plat merah yang...

Close