PR of The Year 2017: Kampanye Pantene 2in1 Manfaatkan Beauty Influencer

THE BEST MARKETING PR PROGRAM 2017

Memanfaatkan selebritis cantik untuk memasarkan produk perawatan kecantikan relatif efektif untuk membangun kedekatan brand dengan konsumen. Hal ini pula yang diyakini Procter and Gambler (P&G) Indonesia, saatmeluncurkan Pantene Anti Kotembe 2in1 Baru pada Februari 2017.

Agar brand awareness melonjak, kampanye Pantene 2in1 Baru ini tidak hanya menyuguhkan brand ambassador dari kalangan artis cantik seperti Anggun C Sasmi dan Raline Shah, tapi juga melibatkan para top influencer untuk bergabung dalam komunitas pengguna Pantene dengan sebutan “Pantene Stars”. Komunitas ini bertugas menyebarkan informasi produk di media sosial.

Itulah salah satu strategi kampanye produc terbaru Pantene Anti Ketombe 2in1. Kampanye membidik para awak media, bloggers, dan para influecer kecantikan.

Obyektif kampanye adalah meningkatkan awareness dan penggunaan produk dari kalangan wanita. Kampanye mengusung pesan Pantene 2in1 mengatasi masalah ketombe dan rambut rontok dengan cara modern sesuai dengan target konsumennya, yakni anak muda, millennial, dan konsumen yang peduli padalifestyle.

Format progam meliputi kampanye online dan offline. Kampanye online dilakukan dengan membuat konten yang di-posting di social media. Para beauty bloggers dan beauty influencer, termasuk brand ambassador Raline Shah membagikan pengalaman mereka melalui social media dengan hashtag #DapetinSemuanya untuk membagikan pesan kepada khalayak bahwa shampoo Pantene 2in1 Baru dapat mengatasi permasalahan rambut rontok dan ketombe dalam satu kemasan botol.

Sementara di ranah offline dilakukan melalui acara kunjungan ke pabrik P&G Indonesia di daerah Karawang, Jawa Barat. Para blogger, inflluencer, serta komunitas yang tergabung dalam “Pantene Stars” diberi kesempatan datang melihat langsung proses pembuatan produk, pengemasan, sekaligus pemaparan produk dari tim Research and Development.

Mereka dapat membuktikan langsung keunggulan formula terbarunya. Hasil kunjungan ini selanjutnya di-posting di media sosial. Pesan kampanye juga disebarluaskan di media massa melalui acara konferensi pers peluncuran Pantene 2in1 Baru di Jakarta yang diikuti para jurnalis dari 60 media, 55 beauty bloggers, dan para fans Anggun dan Raline Shah yang terpilih lewat kontes di media sosial.

Melalui serangkaian kegiatan kampanye, diperoleh hasil konten yang di-share oleh para beauty influencer tentang kecanggihan Pantene terbaru sebanyak 9,270,651 dan digital impression 3,798,260 reach. Pada hastag #DapetinSemuanya meraih 8,356,090 yang merupakan hasil tertinggi pada 16 Januari 2017. Sebanyak 85 posting dari 72 user yang menceritakan pengalaman saat kunjungan pabrik meraih 4,493,032 reach. Konten Pantene 2in1 menjaditrending topic di Twitter pada 2 Februari 2017, termasuk puluhan publikasi yang dimuat di berbagai media cetak, online, elektronik, dan blog.

Dibandingkan format kampanye sebelumnya, terlihat P&G makin jeli meng-create tema kampanye dengan mengintegrasikan marketing, PR dan digital untuk mendapatkan awareness dan impression dari target audience. Melalui rangkaian kampanye tersebut, membangun persepsi Pantene Baru melalui para influencer terbukti meningkatkan posisi Pantene di mata konsumen yang dibuktikan dengan tingginyareach selama kampanye.

Melibatkan brand ambassador Pantene dalam kunjungan ke pabrik serta wawancara eksklusif Anggun, memberikan tambahan yang signifikan untuk menambah conversation di dunia maya,” komentar juri Bambang Sumaryanto. “Rangkaian acara yang sangat baik dalam menyampaikan branding product,” komentar Prita Kemal Gani singkat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Read previous post:
Peluncuran Mydio Sing, Aplikasi Digital Musik dan Video Karaoke

Musik Indonesia mampu menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Komitmen inilah yang dijunjung tinggi oleh #MusikBagus dan Bumi Entertainment, pemain...

Close