PR of The Year 2017: Kampanye “Rumah Impian” BTN

THE BEST MARKETING PR PROGRAM 2017

Barangkali tidak ada yang tidak tahu bahwa Bank BTN merupakan bank plat merah yang fokus pada program pembiayaan kredit cicilan rumah. Namun tahukah Anda upaya Bank BTN dalam rangka menghadap era disruptif ini? Untuk mendongkrak jumlah pengajuan kredit, BTN meluncurkan program kemudahan proses pengajuan kredit secara online melalui portal properti BTN Properti www.btnproperti.co.id. Dengan sistem online ini, proses approval pengajuan kredit selesai dalam seminggu (1 hari pengajuan, 5 hari proses, dan 1 hari approval).

Tingkat awareness khalayak terhadap portal BTN Properti www.btnproperti.co.id yang diluncurkan pada 2015 lalu awalnya relative rendah. Masih banyak kalangan millennial, pegawai,dan calon pembeli rumah yang menjadi target konsumen mengajukan proses kredit rumah secara offline. Akhirnya pada 2016 lalu BTN menggelar kampanye “Rumah Impian” sebagai strategi komunikasi pemasaran untuk mendongkrak jumlah pengajuan kredit melalui portal www.btnproperti.co.id.

Strategi komunikasi kampanye di-create dengan memanfaatkan “Rumah Impian” sebagai paying pesan untuk semua channel edukasi, menciptakan word of mouth di pengguna digital dan offline, serta memanfaatkan kekuatan media untuk memperkuat pesan sekaligus meningkatkan interaksi konsumen terhadap program Rumah Impian.

Agar komunikasi efektif, implementasi program dibagi dalam tiga fase, yakni fase awareness, interaksi, dan fase edukasi. Fase awareness menyangkut penggunaan konten-konten tematik di media sosial dan membuat microsite “Rumah Impian” dimana para millennial dapat mengkreasikan rumah impian mereka secara visual dan kemudian di-share di media sosial.

Sedangkan fase interaksi dan edukasi dilakukan melalui kegiatan pameran Property Expo dengan menghadirkan “Porti” yakni ikon BTN yang dibuatberukuran besar dan mengajak para audience melakukan flash mob bersama yang dilanjutkan dengan penyebaran konten edukasi yang melibatkan para jurnalis dan bloggers.

Tak ketinggalan, pihak BTN melakukan live tweet yang menjadi trending topic di Twitter dengan hashtag #PropertiBTN selama event Expo Properti serta membuat video infografis di Youtube untuk meningkatkan coverage pesan di kalangan millennial.

Strategi kampanye “Rumah Impian” cukup sukses meraih target. Hasil evaluasi selama event terungkap kampanye berhasil mengomunikasikan pesan kepada target sehingga Bank BTN mampu mendistribusikan dana pembiayaan sebesar Rp2 triliun, dua kali lipat melampaui target sebesar Rp 1 triliun.

Kampanye juga sukses mendongkrak jumlah pengajuan kredit secara online, yakni 1.321 registrasi online dan menggaet 10.837 member baru yang mengisi e-form. Pencapaian lain, kampanye juga berhasil meraih 1.658 online booking dengan DP 1%-15% dari harga rumah.

Dari sisi performance, kegiatan kampanye mampu meningkatkan performance BTN karena mampu mendistribusikan dana kredit kepada masyarakat. BTN memang memiliki peran sentral dalam pelaksanaan program perumahan nasional. Hal ini tidak terlepas dari citra yang disandangnya, sebagai lembaga pembiayaan yang menyediakan lending products kepada seluruh pihak terkait pembangunan perumahan, dan BTN sebagai inisiator dan integrator dalam meningkatkan suplai rumah kepada masyarakat.

Keunggulan program “Rumah Impian” BTN adalah memanfaatkan secara optimal berbagai tools digital serta kekuatan fokus kepada target primernya dengan melakukan komunikasi terpadu. Engagement dengan para pengunjung juga dilakukan melalui pemberian respon yang cepat, termasuk melalui Twitter,” komentar juri Bambang Sumaryanto.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Read previous post:
Menghadirkan Memorable Experience di Program “YKK Asia Group Kids Football Clinic”

Setelah menggelar program Corporate Social Responsibility (CSR) bertajuk "YKK Asia Group Kids Football Clinic" di tahun 2008 dan 2010, untuk...

Close