PR of The Year 2017: Sarihusada “Kampanye Hari Gizi"

THE BEST CREATIVE PR PROGRAM 2017

Masalah gizi ganda, yakni kekurangan gizi dan kelebihan gizi, masih dihadapi anak-anak Indonesia. Data Riskesdas (Riset Kesehatan Dasar) 2013 menunjukkan bahwa 1 dari 3 anak Indonesia tergolong pendek atau stunting akibat kekurangan gizi menahun. Salah satu penyebab terjadinya masalah gizi ganda adalah kurangnya pengetahuan sekaligus informasi yang tersedia tentang pola makan yang bergizi.

Berangkat dari fakta itulah, perusahaan berbasis nutrisi PT Sarihusada berkomitmen memberikan edukasi terkait gizi seimbang dan pola makan yang sehat kepada sebanyak mungkin ibu dan anak di Indonesia. Untuk itu, pada 2016 Sarihusada menggelar “Kampanye Hari Gizi” bertepatan dengan Hari Gizi Nasional yang jatuh pada Januari 2017. Kampanye tersebut membidik para ibu dan anak di seluruh Indonesia.

Ada sejumlah objektif yang ingin dicapai dari Kampanye Hari Gizi. Pertama, mengedukasi dan meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang isu kesehatan dan nutrisi. Kedua, mengajak public menyadari pentingnya gizi seimbang dengan cara yang menyenangkan. Ketiga, mendorong kreativitas dalam menjalankan pola hidup sehat. Keempat, menjaga hubungan Sarihusada dengan stakeholders, public, dan komunitas kesehatan. Kelima, memperkuat posisi Sarihusada sebagai perusahaan kesehatan dan nutrisi yang menjalankan misi ganda.

Sejumlah rangkaian kegiatan digelar Sarihusada melalui Kampanye Hari Gizi mulai Januari hingga Maret 2017. Kegiatan dimulai pada 12-18 Januari lewat kompetisi foto #PiringMakanku; karnaval “Ayo Melek Gizi” pada 22 Januari di Yogyakarta—di dalamnya dihelat olahraga pagi, sarapan bersama, fun walk, storytelling karyawan Sarihusada, lomba mewarnai untuk anak-anak, bazaar makanan dan nutrisi, hingga aktivasi online; Kuis Foto Hari Gizi Nasional pada 25-27 Januari; kegiatan Bicara Gizi pada 25 Februari lewat format kompetisi video, testimoni, foto, dan live tweet; hingga peluncuran buku Nutritalk pada 8 Maret.

Sementara itu, pada saat peluncuran buku “Jurnal Program Nutritalk: Tumbuh Kembang Optimal Ciptakan Pemimpin Anda”, Sarihusada menggandeng Kelompok Jurnalis Penulis Kesehatan. Pada saat peluncuran, Sarihusada juga mengundang jurnalis, blogger kesehatan, hingga para stakeholder seperti Kementerian Kesehatan dan artis Kamidia Radiasti.

Dengan anggaran kampanye sebesar Rp 385 juta, hasil yang diperoleh Sarihusada terhitung efisien, meliputi penyebaran Word of Mouth (WOM) dan penguatan posisi Sarihusada serta Nutricia sebagai perusahaan kesehatan dan nutrisi yang menjalankan misi ganda; stakeholders semakin memiliki perspektif positif terhadap Sarihusada; ibu-ibu menjadi paham tentang gizi seimbang dan konsep piring makanku; penyebaran WOM tentang gizi seimbang dan konsep Piring Makanku; dan anak-anak akan mendapatkan asupan makan dengan gizi yang seimbang.

Hasil positif lainnya adalah Public Relations (PR) value yang diperoleh saat menggelar peluncuran buku. Tak kurang dari 21 media hadir pada kesempatan itu dengan total coverage 41 artikel dengan sentimen postiif, total jangkauan mencapai 10,79 juta dan total jangkauan ke ibu-ibu mencapai 1,1 juta. Adapun total PR value yang didapat mencapai Rp 4,36 miliar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Read previous post:
PR of The Year 2017: Campus Citizen Journalist Liputan6.com

THE BEST CREATIVE PR PROGRAM 2017 Program komunitas boleh jadi menjadi salah satu strategi yang efektif untuk membangun brand engagement...

Close