PR of The Year 2017: Tupperware Bawa Bekal 2017

BEST OF THE BEST MARKETING PR PROGRAM 2017

Untuk kedua kalinya, program “Tupperware Bawa Bekal” memenangkan Indonesia PR Program of The Year. Namun berbeda dengan tahun lalu, kampanye Tupperware Bawa Bekal tahun ini objektifnya lebih “marketing” ketimbang sekadar edukasi. Kalau tahun lalu dengan hashtag #BawaBekal Tupperware menitikberatkan kampanye kepada edukasi untuk penggunaan wadah untuk membawa bekal ketimbang membeli makanan dengan konsekuensi penggunaan kemasan yang kemudian dibuang, maka pada tahun ini kampanye lebih menyentuh bottom line yang berdampak langsung kepada kinerja penjualan.

Di dalam materi lomba yang disampaikan kepada MIX, Tim PR Tupperware menyebutkan bahwa program ini memiliki sejumlah objektif marketing, yaitu diantaranya meningkatkan sales produk lunch set, menciptakan traffic di distributor dan kantor AGM, dan memperkuat brand awareness. Oleh karena itu, kampanye ini menggunakan tagar #MakanYaBawaBekal.

Kampanye yang diselenggarakan pada April 2017 ini dieksekusi dengan acara puncak membagikan ribuan produk wadah bekal secara gratis di pelataran parkir pusat pertokoan Sarinah Thamrin, Jakarta Pusat, pada 12 April 2017, bertepatan dengan Hari Bekal Nasional.

Di samping objektif marketing, Tupperware juga menetapkan objektif ideal, yaitu mendorong masyarakat menerapkan kebiasaan membawa bekal ke sekolah, ke kantor, maupun saat bepergian karena hal ini adalah bagian dari pola hdup sehat, di samping untuk menekan volume sampah yang dihasilkan dari pembungkus makanan. Kampanye menyasar semua kalangan, pria wanita, anak-anak sampai ramaja dan usia dewasa.

Format kampanyenya meliputi roadshow ke sekolah-sekolah se-Jabotabek, mal-mal, hingga mengoperasikan mobil Tupperware Kitchen untuk demo produk. Sementara itu, sejumlah gerai Tupperware juga memasang beragam poster yang mengangkat pesan bawa beka. Salah satunya adalah gerai Tupperware di Pondok Indah Mal.

Aktivitas lain untuk mendukung kampanye dilakukan melalui media sosial (Medsos). Para pengguna Medsos ini (Facebook, Twitter, dan Instagram) bisa memperoleh produk Tupperware gratis dengan cara mengunggah foto produk Tupperware di akun Medsos masing-masing sambil mencantumkan hashtag #TupperwareBawaBekal dan #MakanYaBawaBekal. 

Selain memberikan produk gratis Tupperware, pada event ini terdapat berbagai kegiatan seru seperti Demo Produk (Penjualan Produk dan Tupperware Party), Infuse Water Station bagi Anda yang membawa tumbler Tupperware dan, Personalized Grafir khusus untuk produk Tupperware Lunch Set Anda. Untuk yang berada di luar Jabodetabek tetap memiliki kesempatan bisa mendapatkan produk Tupperware gratis dengan mendukung #TupperwareBawaBekal.

Tak ketinggalan, kampanye menggaet sejumlah selebtiris sebagai Key Opinion Leader (KOL) untuk menggaet perhatian khalayak agar gaung kampanye semakin meluas. Caranya, para selebriotis itu mem-posting komentar di medsos masing-masing tentang perlunya membawa bekal untuk menciptakan pola hidup sehat. Selebritis yang dlibatkan dala kampane diantaanya artis Mona Ratuliu, Ari Wibowo, Arie Untung, dan Meisye Siregar. Kampanye juga memanfaatkan channel media massa cetak, radio, media online, dan blog untuk mengamplifikasi pesan agar ajakan menerapkan pola hidup seha dapat tercapai.

Kampanye “Tupperware Bawa Bekal” ini tergolong sukses, baik dari sisi khalayak yang menerima pesan yang mencapai jutaan orang, hingga terjadinya viral di sosial media. Jumlah publikasi sebanyak 68 artike dari berbagai media, termasuk 3 stasiun radio yang menyiarkan live sehingga PR value kampanye mencapai Rp 7 miiar lebih. “Kampanye ini dapat mengangkat isu yang memang menjadi persoalan dalam keluarga. Sekaligus dapat menaikkan branding Tupperware dengan baik,” komentar juri Prita Kemal Gani.

   

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Read previous post:
Gandeng Mastercard, Central Maksimalkan Awareness

Berdasarkan studi terakhir dari Mastercard bertajuk “Mastercard Omnishopper (The Retail CMO’s Guide to the Omnishopper)”, menunjukkan bahwa para konsumen kini...

Close