7 Pertanyaan Kunci untuk Calon Pemasar

Selepas lulus ingin menjadi marketer? Sejatinya, setiap lulusan berkesempatan menjadi seorang marketer atau pemasan di sebuah perusahaan. Hanya saja, ada tahapan yang perlu dilalui untuk menjadi seorang pemasar. Tahap pertama adalah lolos dari proses interview atau wawancara agar dapat diterima menjadi tim pemasar yamg handal di perusahaan yang Anda impikan.

Jobstreet.com mengungkapkan bahwa ada tujuh pertanyaan kunci dalam wawancara yang wajib diperhatikan untuk mereka yang tertarik bergabung di dunia pemasaran. Berikut ini tujuh pertanyaan yang perlu dipahami dan dijawab oleh calon karyawan yang ingin bergabung di bidang pemasaran.

#1 Aspek pemasaran apa yang paling Anda minati? Pertanyaan di atas menyiratkan bahwa pewawancara ingin mengetahui aspek apa dari pekerjaan ini yang membuat Anda termotivasi dan tetap terinspirasi. Untuk itu, cara terbaik untuk menjawab adalah belajar dari pengalaman. Ceritakan tentang aspek dari proses pemasaran yang menurut Anda paling menstimulasi. Contohnya, proses kreatif, berkolaborasi dengan tim kreatif yang lainnya, jaringan social, bagaimana cara produk yang Anda hasilkan membuat perubahan dalam masyarakat, dan sebagainya. Buatlah personal dan spesifik. Hal ini menunjukkan minat dan ketulusan.

#2 Apa saja kualitas penting agar sukses dalam bidang pemasaran menurut Anda? Maksud dari pertanyaan itu adalah cara halus untuk membaca kepribadian dan nilai-nilai yang Anda miliki. Maka, cara terbaik untuk menjawab adalah dengan menyebutkan beberapa sifat dan membagikan alasan mengapa Anda pikir bahwa sifat-sifat tersebut penting. Anda juga bisa mencontohkan seorang manajer yang memiliki kualitas-kualitas tersebut yang Anda ikuti jejaknya.

#3 Jika kami minta Anda mengevaluasi blog kami, apa yang akan Anda lakukan? Maksud dari pertanyaan itu adalah pemimpin perusahaan potensial Anda ingin mengetahui seberapa baikkah Anda dalam memahami pemasaran via internet dan proses evaluasi akan keefektifan suatu blog. Cara terbaik untuk menjawab dengan bertanya. Semakin banyak akan semakin baik. Anda tidak bisa menjawab jika Anda tidak mengetahui fakta yang relevan. Oleh karenanya, jangan asal menyimpulkan sebelum memahami seberapa baikkah blog perusahaan tersebut berjalan. Utamakan pertanyaan Anda pada tujuan blog, peringkat percakapan rata-rata, tipe isi yang paling popular, generasi pemimpin, dan lain sebagainya.

Memberi komentar tentang blog perusahaan di awal wawancara pastinya merupakan suatu bagian penting dari persiapan kerja. Ingatlah kualitas isi dan presentasi dari blog tersebut, pertimbangkan jawaban dari pewawancara Anda akan pertanyaan-pertanyaan Anda ketika memberikan rekomendasi Anda akan hal-hal yang perlu ditingkatkan.

#4 Terdapat cakupan jenis isi dan platform yang luas yang bisa dimanfaatkan oleh bagian pemasaran saat ini: video, ebook, postingan blog, infografis, podcast, seminar web, Facebook, Pinterest, Instagram, dan lain sebagainya. Haruskah kita lakukan semua? Maksud dari pertanyaan di atas adalah mereka ingin menilai kemampuan analitik dan pemecahan masalah yang Anda miliki selain kewaspadaan dan pemahaman Anda akan tren pemasaran saat ini.

Cara terbaik untuk menjawabnya, semuanya adalah masalah prioritas. Tidak masuk akal untuk melakukan semuanya jika format isi/ platform tidak sesuai dengan target konsumen perusahaan. Inti dari isi pemasaran adalah unttuk menghasilkan informasi yang dicari oleh konsumen dengan cara yang mengikat dan dapat menciptakan kerjasama dan interaksi dengan konsumen. Ingat, susunlah jawaban Anda sesuai dengan bisnis inti perusahaan dan kepentingan konsumen. Pastikan untuk tetap relevan.

#5 Apa yang akan Anda katakan tentang aspek kunci dari suatu situs yang efektif yang menciptakan kualitas utama dan menjaga pengunjung tetap kembali setiap hari? Maksud dari pertanyaan di atas adalah pewawancara ingin melihat seberapa banyakkah pengetahuan yang Anda miliki tentang desain web dan teknologi, serta seberapa tahukah Anda akan pemasaran melalui situs internet.

Cara terbaik untuk menjawabnya adalah dengan memikirkan beberapa situs tertentu yang Anda suka (lebih baik perusahaan terkenal). Jika Anda punya tablet, bahkan lebih baik lagi karena Anda bisa menampilkan situs tersebut dan menjawab pertanyaan wawancara tentang aspek-aspek kunci dari situs tersebut yang Anda rasa penting untuk keberadaan perusahaan secara online. Hubungkan evaluasi Anda dengan target konsumen dan bisnis inti perusahaan tersebut. Sebab, hal itu adalah parameter dasar untuk menilai keefektivan suatu situs.

Fokus pada pengalaman pengguna situs tersebut secara keseluruhan – estetika, layout, penyajian isi dan struktur, hak cipta, tampilan e-commerce, dan gerbang masuk pembayaran (jika ada) – tiap aspek tersebut saling berkaitan dalam memberikan sebuah pengalaman interaktif dan ramah-pengguna.

#6 Ceritakan pada kami tentang sebuah proyek pemasaran yang pernah Anda lakukan dengan sukses. Rincilah tantangan-tantangan yang Anda hadapi dan apa yang Anda pelajari dari pengalaman tersebut? Maksud dari pertanyaan di atas adalah pewawancara ingin tahu cara Anda menghadapi tantangan dan bagaimana tanggapan Anda akan tekanan. Jika mereka menawari Anda pekerjaan, mereka harus tahu bahwa Anda bisa.

Maka, cara terbaik untuk menjawab adalah dengan memberikan contoh spesifik akan pengalaman masa lalu Anda yang memperlihatkan akal dan kreativitas Anda, lebih baik dalam situasi dimana Anda bekerja dengan deadline dan budget yang terbatas. Jika mungkin, gabungkan dengan bagaimana kontribusi Anda membawa perubahan di dalam tim. Rincilah kesalahan-kesalahan yang Anda buat dari proses tersebut, apa yang Anda lakukan untuk memperbaikinya dan apa yang Anda pelajari dari pengalaman tersebut.

#7 Apa yang akan Anda katakan tentang tantangan pekerjaan terbesar dalam bagian pemasaran dan bagaimana cara Anda mengatasinya? Maksud dari pertanyaan di atas adalah pewawancara ingin mengetahui kelemahan dan pendekatan Anda dalam pengembangan diri.

Maka, cara terbaik untuk menjawab adalah juju dengan jawaban Anda. Sampaikan pada mereka tentang hal-hal yang paling Anda perjuangkan dan apa yang Anda lakukan untuk mengatasi kekurangan tersebut. Yang penting adalah menunjukkan inisiatif dan kemauan untuk berkembang dan maju.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Read previous post:
Ini Rencana Frasers Hospitality Group di Industri Properti Indonesia

Keseriusan Frasers Hospitality Group dalam menggarap pasar properti di Indonesia ditunjukkan dengan rencananya yang siap membangun enam properti di Jakarta....

Close