“AIR BAGI KESEHATAN” DANONE AQUA

The Best Philanthropy

Indonesia’s Best Corporate Social Initiative 2017

Sejalan dengan agenda pemerintah Indonesia melalui Kementerian Kesehatan untuk memajukan mutu rumah sakit, Danone AQUA dan Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) berkolaborasi dalam rangka meningkatkan kualitas air bersih rumah sakit di Indonesia melalui program Air Bagi Kesehatan pada April 2017 lalu.

Dalam kerja sama ini, Danone AQUA sebagai produsen AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) berperan memberikan edukasi mengenai sistem pengelolaan dan pengawasan air bersih berkualitas di rumah sakit guna mendukung pemenuhan kualifikasi nasional maupun internasional. Danone AQUA menyadari pentingnya penyediaan air bersih berkualitas untuk rumah sakit di Indonesia demi menjaga keselamatan pasien sehingga menginisiasi kolaborasi strategis ini.

Tidak hanya memberikan edukasi dalam pengelolaan dan pengawasan air bersih di rumah sakit, kami juga akan menyampaikan edukasi seputar pentingnya hidrasi berkualitas bagi masyarakat untuk mewujudkan Indonesia yang lebih sehat,” ungkap Leila Djafaar, Vice President General Secretary, Danone Indonesia.

Program Air Bagi Kesehatan digelar melalui roadshow di 200 rumah sakit yang mampu menjangkau 10.000 tenaga medis dan 20.000 pasien serta komunitas pada tahun pertamanya. Danone AQUA juga akan memberikan konten edukasi mengenai keamanan air demi keselamatan pasien bagi rumah sakit dan masyarakat di 20 rumah sakit di Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, dan Semarang yang akan melibatkan 1000 tenaga medis. Selain itu, juga akan ada sebuah simposium di Jakarta yang juga melibatkan 1.000 praktisi medis, serta Hospital Expo atau hospex yang menyasar 1000 tenaga medis lainnya.

Tidak hanya itu, Danone AQUA juga akan meluncurkan Webinar yang dapat diakses langsung oleh 2.100 petugas medis dan staf di 30 instansi rumah sakit di 5 kota besar tadi. Secara keseluruhan, program Air Bagi Kesehatan akan dapat menjangkau 35.000 orang yang terdiri atas 15.100 tenaga medis dan 20.000 komunitas. Rencananya, rangkaian program edukasi pengelolaan dan pengawasan air berkualitas ini juga akan menjadi program nasional yang diterapkan di seluruh rumah sakit di Indonesia melalui 16 asosiasi yang dinaungi oleh PERSI.

Kementerian Kesehatan memberikan dukungannya karena kerja sama ini menjadi salah satu wujud realisasi program 3P (Public Private Partnership) atau Kemitraan Pemerintah dan Swasta yang digalakkan oleh Pemerintah. “Inisiatif yang diusung oleh Danone AQUA dan PERSI ini merupakan perwujudan dari program Pemerintah yang tertuang dalam 3P serta berkaitan dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2015-2019, di mana pemerintah mengamanatkan tersedianya akses air minum dan sanitasi yang layak bagi seluruh lapisan masyarakat,” jelas dr. Andi Saguni, MA, Direktur Fasilitas Pelayanan Kesehatan, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Kerja sama ini diharapkan tidak hanya dapat meningkatkan kesadaran pelaku dan pengelola rumah sakit mengenai pentingnya ketersediaan air bersih berkualitas untuk operasional rumah sakit, tetapi juga dapat meningkatkan daya saing dan mutu rumah sakit di Indonesia sehingga setaraf dengan rumah sakit di negara maju. (Marina)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Read previous post:
Perkuat Kualitas Tim, LSPR Gelar Kuliah Umum

Di usianya yang ke-25 tahun, London School of Public Relations (LSPR) Jakarta selalu mengedepankan komitmennya terhadap kualitas. Baik kualitas pengajaran,...

Close