“ARISAN SEHAT PLASMACLUSTER” SHARP

The Best Philanthropy

Indonesia’s Best Corporate Social Initiative 2017

Sebagai bentuk komitmennya untuk berkontribusi nyata pada peningkatan kualitas kesehatan masyarakat Indonesia, Maret-Juni 2016 lalu PT Sharp Electronics Indonesia (SEID) meluncurkan program kesehatan yaitu “Arisan Sehat Plasmacluster.” Objektif program ini adalah untuk menjaga kesehatan lebih dari 4 ribu rumah tangga, panti asuhan, dan Posyandu di sejumlah wilayah di Tanah Air, yaitu Jabodetabek, Surabaya, Pekanbaru, Jogjakarta, Lampung, Makassar, dan Padang.

Melalui program ini, SEID mendonasikan seratus unit Air Purifier Mosquito Catcher atau

penjernih udara dengan fitur penangkap nyamuk ke wilayah-wilayah sasaran tersebut melalui bantuan dari Lembaga Posko Kemanusiaan Peduli Umat (PKPU). Dengan dukungan ini, perusahaan berharap dapat membantu mencegah penyebaran penyakit yang disebabkan oleh virus, bakteri, dan nyamuk, serta meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat Indonesia.

Dalam eksekusinya, produk Air Purifier Mosquito Catcher akan digunakan bergiliran di rumah-rumah anggota untuk beberapa waktu sesuai dengan ketentuan yang dibuat oleh komite komunitas. Pada saat acara serah terima produk, PKPU didampingi oleh Sharp melakukan penyuluhan dan product knowledge mengenai penggunaan produk dan cara perawatannya kepada ketua komunitas dan kader kesehatan.

Selain bertujuan untuk melindungi warga desa dari bahaya penyakit yang ditimbulkan oleh nyamuk dan juga menyediakan udara yang bersih dirumah para warga desa, program ini juga salah satu cara Sharp memperkenalkan produk terbaru Air Purifier Mosquito Catcher yang memiliki fitur terbaru yaitu penangkap nyamuk.

Pada saat peluncurannya, wabah Virus Zika sedang melanda ASIA dan ter-identifikasi di beberapa kota di Indonesia. Hal ini melatari Sharp untuk melindungi konsumen di Indonesia dan

berkontribusi menekan penyebaran virus Zika dengan mendonasikan produk Air Purifier terbarunya kepada masyarakat dhuafa yang tinggal di daerah-daerah rawan penyakit endemik bawaan nyamuk.

Lalu mengapa nama program ini disebut “Arisan Sehat Plasmacluster”? Karena pada saat ceremonial penyerahan produk kepada warga, dibentuklah suatu komunitas di setiap daerah yang beranggotakan 10-20 orang atau kepala rumah tangga yang nantinya akan menggunakan dan merawat bersama tiap unit Air Purifier Plasmacluster yang mereka gunakan. Dalam komunitas tersebut dibuatkan AD/ART yang berisikan perjanjian antara PKPU dengan komunitas tersebut agar komunitas dapat meneruskan penggunaaan dan merawat pemakaian Air Purifier Plasmacluster Mosquito Catcher.

Lalu masing-masing komunitas di setiap titik penyaluran menganggarkan iuran setiap rumah yang akan menjadi penerima manfaat unit Air Purifier Plasmacluster. Iuran tersebut kemudian digunakan untuk mengganti glusheet (perekat penangkap nyamuk) ataupun mengganti bagian dalam alat Air Purifier Plasmacluster ada yang rusak. Iuran di setiap daerah berbeda, seperti di Jabodetabek dianggarkan mulai dari Rp 2.000 rupiah hingga Rp 10.000.

Bagaimana hasilnya? Menurut pihak Sharp, partisipasi masyarakat untuk program ini cukup baik, karena melihat manfaat dari produk Air Purifier Plasmacluster Mosquito Catcher. Masyarakat di sekitar lingkungan para penerima manfaat pun ingin mengikuti kegiatan “arisan” karena melihat manfaat dari produk tersebut. Selain itu, masyarakat juga terpicu untuk membiasakan pola dan gaya hidup sehat. (Marina)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Read previous post:
Lebih dari 300 Merek Ramaikan Pameran “Beauty Professional Indonesia 2017”

Industri kecantikan di Tanah Air selalu mampu menyedot perhatian bagi para pelaku bisnis lokal maupun mancanegara. Maklum saja, nilai ekspor...

Close