“ARTI SEBUNGKUS NASI” OPINI.ID

The Best Social Campaign

Indonesia’s Best Corporate Social Initiative 2017

Indonesia adalah negara dengan pengguna social media tertinggi di dunia. Remaja Indonesia berusia 15 tahun rata-rata sudah memiliki akun social media. Bagi mereka, social media adalah kanal komunikasi dan interaksi yang efektif dengan teman-teman sebaya dan anggota keluarga yang tidak dapat mereka temui setiap harinya. Untuk menciptakan engagement dengan teman-temannya di media sosial, mereka biasanya mem-posting gambar atau meme—yang kemudian diharapkan diberi tanda jempol oleh para followers atau fans mereka.

Mengunggah foto makanan—untuk mendapatkan apresiasi dari para follower atau fans—biasanya menjadi aktivitas favorit untuk menciptakan engagement di media sosial. Sayangnya, tak sedikit dari mereka yang berperilaku mubazir. Mereka sekadar mem-posting gambar, dan tidak menghabiskan makanan yang mereka potret, bahkan ada yang tidak memakannya sama sekali. Mereka hanya ingin mengambil gambar dari sudut yang terbaik untuk memperoleh “like” atau komentar dari teman-teman di social media. Di sisi lain, di luar sana, banyak orang yang tidak bisa menikmati makanan layak setiap harinya.

Berangkat dari fakta itu, maka Opini.id menggelar program bertajuk “Arti Sebungkus Nasi”. Program tersebut diharapkan dapat mengurangi kebiasaan buruk para pengguna social media dengan cara yang cerdas. Melalui kampanye ini, Opini.id tidak berintensi menceramahi atau menggurui mereka. Namun, Opini.id menampilkan gambar makanan yang biasa dimakan oleh orang-orang miskin, dan kemudian memberikan cerita pada gambar tersebut. Format program tersebut ditampilkan dalam bentuk video dan disebarkan melalui social media.

Pengambilan gambar diambil dari sosok-sosok yang mewakili orang miskin yang ada di area komunitas tempat mereka biasa beraktivitas, antara lain, tukang sampah, cleaning service, tukang sapu jalan, pekerja bangunan, tukang koran, dan sebagainya. Melalui format video, Opini.id menulis ulang cerita tentang bagaimana mereka dapat memperoleh makanan dengan pendekatan yang sangat menyentuh dan emosional, sehingga dapat membangkitkan kepedulian pemirsa begitu mereka selesai menonton.

Hanya dengan bujet Rp 800 ribu, kampanye “Arti Sebungkus Nasi” dari Opini.id dapat memperoleh viral yang sangat siginifkan. Target awal, dalam tempo satu mingggu, video “Arti Sebungkus Nasi” diharapkan memperoleh 500 ribu penonton (viewer) dan di-share sebanyak 10 ribu. Akan tetapi, hanya dalam kurun tiga hari pasca diunggah, video tersebut telah ditonton oleh lebih dari 1,5 juta penonton dan di-share oleh lebih dari 52 ribu orang.

Juri menilai eksekusi program ini sebetulnya kurang detail. Juri M. Gunawan Alif, Ketua Indonesia CSR Society dan Vice Rector, Sampoerna University. menilai ide dari kampanye ini baik. “The idea is good. Still need follow up and follow through,” ujarnya. Juri Indira Abidin mengatakan bahwa isu yang diangkat dalamkampanye ini menyentuh. Tak heran angka share-nya bagus. (Dwi)

Tags:
opini opiniid

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Read previous post:
Strategi Syahrini Bertarung di Bisnis Cake Para Artis

Belakangan, sejumlah artis di Tanah Air ramai-ramai berbisnis cake. Sebut saja, Teuku Wisnu dengan Malang Strudel, Dude Harlino dengan Jogja...

Close