“THE BIG START INDONESIA” BLIBLI.COM

The Best Social Marketing

Indonesia’s Best Corporate Social Initiative 2017

Saat ini, Indonesia memiliki tak kurang 60 juta UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah). Sayangnya, 90% dari mereka mati pada tahun pertama mereka beroperasi. Fenomena itu terjadi karena mereka menghadapi sejumlah kendala, antara lain, jejaring, keahlian, SDM, hingga modal. Fakta itulah yang juga dicermati Blibli.com, untuk kemudian memberikan solusi kepada mereka sesuai kebutuhan.

Solusi yang ditawarkan Blibli.com diwujudkan lewat program “The Big Start Indonesia”. Program digelar pada Juni 2016 lewat bungkus Creativepreneuer Webseries Realty Show. Objektif dari program ini adalah untuk menemukan pedagang lokal dengan kualitas produk yang terbaik, sehingga dapat memperkuat brand positioning Blibli.com sebagai platform eCommerce lokal yang proaktif memberdayakan creativepreneur lokal. Selain itu, program ini diharapkan dapat menginspirasi sekaligus mengedukasi target utama, seperti anak-anak muda, digital savvy, dan orang-orang kreatif.

Pada program ini, Blibli.com menggandeng Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf). Program ““The Big Start Indonesia” sendiri fokus pada mencari para creativepreneur potensial yang memiliki produk yang uni, kreatif, dan inovatif. Selanjutnya, mereka ditantang untuk membuktikan kemampuan dan sumber daya mereka untuk mengikuti kompetisi yang fun yang meliabtkan seluruh konsumen di Indonesia.

Kampanye “The Big Start Indonesia” mulai tayang di media digital Youtube dalam format webseries pada September hingga Oktober 2016. Hasilnya, ada 100 finalis yang berhasil terpilih dari ribuan peserta yang mendaftar. Dari seratus kemudian diseleksi kembali hingga mendapatkan Top 20. Selanjutnya finalis 20 besar dikarantina untuk mengikuti tantangan berikutnya. Satu orang pemenang akan mendapatkan modal Rp 1 miliar untuk usahanya. Selain itu, ia juga akan dipromosikan di Blibli.com sebagai Best local Merchant.

Demi menarik minat dan menciptakan engagement dengan audience, konten edukasi dan hiburan dihadirkan sekitar 10-15 menit. Sementara itu, untuk menjangkau audience yang lebih luas, maka digunakan plartfom digital channel yang terintegrasi, seperti Youtube, Facebook, dan Instagram, termasuk, menggunakan kanal Facebook Live untuk menciptakan engagement.

Program ini berhasil menjaring 17 ribu pendaftar, 38 ribu fans di Facebook, lebih dari 5,6 ribu follower di Instagram, serta 5,4 juta yang menonton webseries tesebut di Youtube. Sementara itu, PR value yang sanggup diperoleh dari program ini mencapai Rp 10,4 miliar—dengan total sirkulasi atau pageview yang mencapai 104,2 juta dan 201 artikel dari cetak, radio, TV, dan digital.

Juri M. Gunawan Alif menilai program ini relevan dengan core business Blibli.com, mendapatkan coverage yang besar. (Dwi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Read previous post:
Empat Faktor yang Membuat Konten YouTube Diminati Penonton

Studi Etnografi yang dilakukan Studio Bruno Moynie terhadap 10 responden di Jakarta dan Bangkok tentang Youtube menyebutkan bahwa YouTube sudah...

Close