Konsistensi Pepsodent Mengedukasi Kesehatan Gigi

Inisiatif sosial Pepsodent bertajuk "Bulan Kesehatan Gigi Nasional" (BKGN) kembali digelar untuk kesembilan kalinya di tahun 2018 ini. Sejatinya, pelaksanaan BKGN sejalan dengan program Unilever Sustainable Living Plan dalam mendorong 1 miliar orang di seluruh dunia untuk mengambil tindakan dalam menjaga dan meningkatkan kesehatan mereka, termasuk kesehatan gigi dan mulut.

Program yang menggandeng Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) dan Asosiasi Fakultas Kedokteran Gigi Indonesia (AFDOKGI) itu akan mengedukasi masyarakat akan pentingnya melindungi kesehatan gigi seluruh anggota keluarga, terutama dari risiko yang ditimbulkan oleh gula tersembunyi yang ternyata banyak dikonsumsi setiap hari.

World Health Organization (WHO) menganjurkan bahwa asupan gula dari semua sumber makanan dan minuman yang dikonsumsi seharusnya tidak melebihi 50 gram per hari untuk dewasa (empat sendok makan) dan 30 gram per hari untuk anak (enam sendok teh). Itu artinya, kurang dari 10% dari total asupan energi.

Sayangnya, data Survey Konsumsi Makanan Individu (SKMI) Indonesia tahun 2014 menyatakan bahwa sebanyak 29,7% masyarakat Indonesia mengonsumsi gula harian melebihi batas rekomendasi tersebut.

Diungkapkan Drg. Ratu Mirah Afifah, GCClinDent., MDSc. selaku Division Head for Health & Wellbeing and Professional Institutions Yayasan Unilever Indonesia, Konsumsi gula berlebih ini salah satunya disebabkan oleh rendahnya kesadaran masyarakat akan kehadiran gula tersembunyi dalam makanan dan minuman yang mereka konsumsi setiap hari."

BKGN 2018 akan dimulai pada 18 September 2018 bertempat di Rumah Sakit Khusus Gigi dan Mulut Provinsi Sumatera Selatan PSPDG Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Sriwijaya. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, selain anak-anak sebagai fokus edukasi yang utama, kegiatan pembukaan BKGN 2018 juga akan langsung melibatkan seluruh anggota keluarga dalam memberikan ragam edukasi mengenai cara merawat kesehatan gigi dan mulut yang benar, terutama dengan lebih memahami dan mewaspadai risiko gula tersembunyi. "Agar efektif, edukasi ini akan dilakukan melalui berbagai wahana dan permainan interaktif yang seru untuk seluruh anggota keluarga," tukasnya.

Tahun ini, BKGN menargetkan untuk menjangkau lebih dari 65.000 masyarakat Indonesia melalui rangkaian aktivitas yang digelar di 23 Fakultas Kedokteran Gigi dan 40 cabang PDGI di berbagai wilayah Indonesia hingga Desember mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)