“SEDEKAH POHON” THE BODY SHOP

The Best Social Marketing

Indonesia’s Best Corporate Social Initiative 2017

Memanfaatkan Ramadhan 2016 lalu The Body Shop Indonesia meluncurkan program “Sedekah Pohon” dengan objektif memperkuat salah satu komitmen The Body Shop dalam memperkaya Planet, termasuk untuk merespon isu global yang terkait lingkungan yang kini tengah berkembang pesat.

Melalui program tersebut, The Body Shop mengajak konsumen untuk berdonasi melalui kasir selama Ramadhan 2016. Donasi yang terkumpul dari seluruh pelanggan The Body Shop akan digunakan untuk penanaman 10 ribu Mangrove di Pulau Tikus-Bengkulu dan Desa Sedari, Cibuaya-Karawang. Periode program dimulai sejak 25 Mei 2016 hingga 10 Juli 2016. Pada program “Sedekah Pohon”, The Body Shop bekerja sama dengan lembaga amal Dompet Dhuafa.

Jatuhnya dukungan untuk pemulihan Mangrove, karena ekosistem ini dikenal sebagai lumbung besar penyimpan karbon—menyimpan 3-5 kali lebih banyak dibandingkan hutan hujan. Sayangnya, dalam tiga dekade terakhir, Indonesia telah kehilangan 40% Mangrove. Padahal, Indonesia tercatat sebagai salah satu negara yang memiliki hutan Mangrove terluas di dunia. Oleh karena itu, The Body Shop Indonesia merasa perlu untuk menggelar program “Sedekah Pohon” lewat penanaman kembali hutan Mangrove.

Dari program tersebut, donasi yang berhasil terkumpul mencapai sebesar Rp 173.964.344. Dengan donasi dari pelanggan itu, The Body Shop Indoensia kemudian melakukan penanaman bibit Mangrove di Desa Sedari. Dompet Dhuafa sebagai mitra, merangkul komunitas lokal, yaitu Komunitas Orang Tua Asuh Pohon untuk implementasi penanaman pohon Mangrove.

Sementara itu, bibit mangrove dibeli dari masyarakat lokal yang memang membudidayakannya. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk mendukung pemberdayaan ekonomi masyarakat lokal dan menciptakan rasa kepemilikan warga terhadap program ini. Seluruh proses program melibatkan semua elemen masyarakat lokal.

Program Sedekah Pohon ini memberikan manfaat kepada lebih dari 4.000 orang atau 1.467 kepala rumah tangga. Ada 10 ribu bibit Mangrove yang ditanam di sepanjang bibir Pantai Sedari. Penanaman dilakukan dalam dua tahap dan melibatkan 100 relawan.

Penanaman juga dilakukan di Pulau Tikus. Ada 30 realwan yang terlibat. Termasuk, karyawan toko The Body Shop Indonesia, Dompet Dhuafa, dan Komunitas Mangrove Bengkulu. Adapun bibit Mangrove yang ditanam di sepanjang bibir pantai Pulau Tikus mencapai 500 bibit.

Hanya ada satu kritik dari juri Indira Abidin terhadap program ini. “Kurang melibatkan media dan engage/memberdayakan publik,” kata Chief Happiness Officer agensi komunikasi terkemuka Fortune Indonesia. Sedangkan juri lain, Yanti Triwadiantini,Associate Sustainability Adviser at Indonesia Business Link (IBL) dan Chair Board of Trustees ASEAN CSR Network, menilai bahwa program ini berjalan terutama karena komitmen chairman-nya. (Dwi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Read previous post:
Naik 10%, Kategori Mana yang Bertumbuh di Industri Hiburan dan Media?

Laporan "Global Entertainment and Media Outlook 2017-2021" yang dirilis PWC hati ini (3/8) menunjukkan bahwa pada tahun 2021, tingkat pertumbuhan...

Close