TELKOMSEL SMART CITY BEKASI

The Best Philanthropy

Indonesia’s Best Corporate Social Initiative 2017

Pesatnya pertumbuhan jumlah penduduk membuat permasalahan perkotaan menjadi semakin kompleks sehingga dibutuhkan alternatif solusi untuk pemecahannya. Dilatari kondisi tersebut, Telkomsel menciptakan program Smart City yang dipercaya akan mempermudah Pemerintah Kota dalam mengambil kebijakan.

Dalam upaya mewujudkan Smart City Bekasi, pada November 2016 lalu Telkomsel bekerja sama dengan Lembaga Afiliasi Penelitian dan Industri (LAPI) dari Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Pemerintah Kota Bekasi membuat kajian, pengembangan, dan implementasi Smart City dalam bentuk platform, Patriot Operation Center, instalasi perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware), serta aplikasi Sorot.

Platform Smart City menjadi sumber informasi bagi pemerintah dalam melakukan pengambilan keputusan yang cepat dan tepat berdasarkan informasi real time yang dikirimkan oleh sensor-sensor yang terhubung dalam satu kesatuan sistem yang terintegrasi. Sementara Patriot Operation Center merupakan ruang kontrol bagi Pemerintah Kota dalam memantau dan mendapatkan informasi tertintegrasi seputar kota Bekasi secara real time.

Instalasi software dan hardware dilakukan dalam bentuk pemasangan sensor pencemaran udara, sistem sensor pencemaran sungai, CCTV, GPS tracking, serta sensor pendapatan daerah atas pajak daerah (MPOS) ke semua perangkat yang terintegrasi dengan Patriot Operation Center.

Sementara itu, aplikasi Sorot merupakan media berbasis teknologi terintegrasi yang memfasilitasi pelaporan dari masyarakat kepada Pemerintah Kota Bekasi tentang kondisi sosial dan lingkungan Kota Bekasi, di mana laporan dari masyarakat dapat segera ditindaklanjuti dan disolusikan oleh Pemerintah Kota Bekasi.

Objektif utama diciptakannya platform Smart City adalah untuk membentuk suatu sistem terintegrasi yang dapat menciptakan interaksi yang cepat dan tepat sasaran antara pemerintah sebagai penentu kebijakan dan masyarakat sebagai komunitas yang perlu mendapatkan pelayanan dan kualitas hidup yang baik. Sebagai perusahaan telko, Telkomsel berperan dalam membangun konektivitas sebagai medium komunikasi dan informasi dalam sistem tersebut.

“Dengan adanya kerja sama Telkomsel dengan LAPI ITB, diharapkan platform Smart City dapat diimplementasikan melalui pengembangan bisnis digital, penerapan teknologi machine to machine, dan supporting system untuk big data solution,” jelas Ivan C Permana, VP Technology & System Telkomsel.

Bekasi menjadi kota kedua diimplementasikannya platform Smart City oleh Telkomsel dan LAPI ITB. Tahun 2015, platform serupa juga telah diterapkan di Bogor, Jawa Barat. Ke depannya platform Smart City juga akan diterapkan di berbagai kota di Indonesia. Juri Indira Abidin Chief Happiness Officer agensi komunikasi terkemuka Fortune Indonesia, menilai program ini sebagai murni charity. (Marina)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Read previous post:
Ketika Sarihusada Menjadikan Para Ibu Sebagai Duta Gizi Keluarga

Sebagai perusahaan yang memproduksi berbagai produk nutrisi, sejak awal Sarihusada sangat concern dengan perkembangan gizi anak Indonesia. Oleh karena itu,...

Close