Libatkan Pelanggan, XL Gelar "Gerakan Donasi Kuota"

Internet menjadi salah satu fasilitas yang dibutuhkan dalam kegiatan belajar-mengajar di sekolah. Sayangnya, tidak semua daerah di Tanah Air memiliki fasilitas tersebut. PT XL Axiata Tbk. sebagai perusahaan penyedia layanan telekomunikasi di Indonesia memiliki inisiatif sosial berupa “Gerakan Donasi Kuota” (GDK). Program GDK yang sudah digelar sejak tahun 2017 itu, menyasar berbagai sekolah di Indonesia yang memang membutuhkan internet.

Akhir April ini misalnya, XL Axiata resmi menyalurkan donasi kuota di wilayah Provinsi Kepulauan Riau, tepatnya di Tanjung Pinang, Pulau Bintan. Melalui program yang digelar hingga akhir Mei 2018 itu, XL Axiata siap menyalurkan donasi kuota ke 75 sekolah di Tanjung Pinang. Masing-masing SMA dan SMK di wilayah Batam, Karimun, Tanjung Pinang, dan Bintan itu akan menerima donasi kuota sebesar 240GB selama setahun.

Diungkapkan Presiden Direktur XL Axiata Dian Siswarini, “Saat ini Program GDK telah mampu mengumpulkan lebih dari 195 TB kuota data dari bulan Agustus 2017 hingga Maret 2018. Untuk jumlah sekolah penerima, sampai akhir Mei 2018 nanti secara nasional akan ada 578 sekolah yang menerima program ini, termasuk yang di Kepulauan Riau.”

Dipilihnya provinsi Kepulauan Riau sebagai salah satu prioritas untuk Program Gerakan Donasi Kuota, lanjut Dian, karena saat ini wilayah tersebut sudah terjangkau jaringan 3G/4G XL Axiata secara luas. Selain itu, karena sekolah-sekolah di Kepulauan Riau juga sangat membutuhkan fasilitas internet untuk menunjang aktivitas belajar dan mengajar. “Selanjutnya, program GDK akan dilakukan di sejumlah daerah hingga akhir tahun ini,” lanjutnya.

Selain mendapatkan donasi kuota layanan data, ditegaskan Dian, beberapa sekolah di 6 kota tersebut juga akan mendapatkan pelatihan Melek Internet dalam berbagai bentuk, antara lain Youth Leadership Camp. “Target kami, donasi ini akan bisa tersalur ke sedikitnya 5.000 sekolah di berbagai daerah selama tiga tahun mendatang. Dengan demikian, diharapkan ratusan ribu siswa sudah akan bisa mendapatkan manfaat dari program ini dalam periode tersebut,” patoknya.

Diuraikan Dian, program GDK melibatkan partisipasi pelanggan dan masyarakat untuk secara sukarela mendonasikan kuota layanan data miliknya, yang selanjutnya disalurkan bagi peningkatan kualitas pendidikan sekolah-sekolah di berbagai pelosok Indonesia. Pelanggan bisa secara sukarela mendonasikan kuota paket data Xtra Combo miliknya berapapun besarnya melalui program ini.

“Selain donasi sukarela pelanggan, XL Axiata juga akan mendorong program ini dengan cara mengalokasikan kuota layanan data sebesar sebesar 25 MB untuk setiap pembelian dan isi ulang paket data Xtra Combo oleh pelanggan. Alokasi kuota ini tidak akan memotong kuota yang dibeli pelanggan. Akumulasi kuota data sumbangan pelanggan dan alokasi dari XL Axiata tersebut selanjutnya akan disalurkan dengan pembagian setiap sekolah penerima mendapatkan donasi kuota 20GB per bulan selama setahun,” tutup Dian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)