Lima Inisiatif McDonald's di 2022

Sebagai bagain dari rencana jangka panjang, pada tahun 2022, McDonald's Global akan melakukan perbaikan serta peningkatan pada menu Happy Meal di 120 pasar, termasuk Indonesia. Guna mewujudkan rencana jangka panjang tersebut, sejumlah upaya siap dilakukan restoran cepat saji asal Amerika itu.

Antara lain dengan menawarkan lebih banyak makanan seimbang, menyederhanakan bahan makanan, terus transparan terhadap informasi gizi makanan terutama Happy Meal, semakin bertanggung jawab dalam memilih metode pemasaran untuk anak-anak, serta memanfaatkan  pemasaran yang inovatif agar membantu mempengaruhi pembelian makanan dan minuman yang mengandung kelompok makanan yang direkomendasikan dalam menu Happy Meal.

Dijelaskan Steve Easterbrook, Presiden dan CEO McDonald's Corporation, “Kami menyadari adanya kesempatan bahwa kami harus memberi dukungan kepada keluarga sebagai salah satu restoran yang paling sering dikunjungi di dunia, dan tetap berkomitmen untuk memperbaiki kualitas makanan."

Mengingat skala dan jangkauan McDonald's, lanjut Steve seperti yang dikutip dari rilis yang diterima Majalah MIX, maka McDonald's berharap upaya itu akan memberikan lebih banyak pilihan kepada konsumen sekaligus memberi manfaat bagi jutaan keluarga.

Pada tahun 2013 lalu misalnya, McDonald's mulai bekerja sama dengan aliansi non-profit Healthier Generation dalam mengembangkan rencana tersebut. Awal tahun ini, McDonald's melanjutkan upaya bersama dengan Healthier Generation untuk menetapkan lima Global Happy Meal Goals baru sampai tahun 2022.

#1 Menawarkan Makanan Seimbang

Dengan menggunakan kriteria gizi yang ketat  berdasarkan kebijakan sains asupan gizi, pada akhir tahun 2022, setidaknya 50%  atau lebih menu Happy Meal yang tercantum pada seluruh menu (baik di papan menu yang ada di restoran, kios, dan aplikasi online), di setiap pasar akan memenuhi kebijakan Happy Meal Global terbaru yaitu mengandung kurang dari atau sama dengan 600 kalori; 10%  kalori dari lemak jenuh; natrium 650mg; dan 10% kalori dari gula tambahan.

Saat ini, 28% kombinasi Happy Meal yang ditawarkan pada papan menu McDonald’s di 20 pasar (negara) utama telah memenuhi kriteria nutrisi yang baru ini. Untuk mencapai tujuan 50% atau lebih, pasar akan menambahkan varian menu baru, merumuskan ulang, atau menghapus variasi menu Happy Meal yang lama untuk meningkatkan nutrisi yang dibutuhkan.

#2 Penyederhanaan Bahan

Sejalan dengan selera serta preferensi pelanggan yang semakin berkembang, pasar McD akan mengutamakan Happy Meal dan menyederhanakan bahan dengan menghilangkan perasa buatan, pewarna buatan serta mengurangi penggunaan pengawet buatan.

McDonald’s Indonesia saat ini tengah mengkaji ulang paket menu Happy Meal untuk mengambil langkah-langkah yang diperlukan agar memenuhi kriteria nutrisi yang telah ditentukan. Direncanakan pada tahun 2019 McDonald’s Indonesia akan menawarkan paket menu Happy Meal baru yang lebih memenuhi kriteria nutrisi yang telah ditetapkan global.

#3 Transparan dengan Informasi Nutrisi Happy Meal

Perusahaan telah melakukan upaya terus menerus untuk memenuhi keinginan konsumen agar mendapatkan akses terhadap informasi nutrisi dengan mudah, terutama pada Happy Meal. Pihak global memastikan bahwa informasi nutrisi untuk Happy Meal tersedia dan dapat diakses melalui semua situs milik McDonald's termasuk pada aplikasi pesan antar McDonald’s.

#4 Tanggung Jawab Pasar

Di bawah tujuan baru, semua menu paket Happy Meal yang diiklankan untuk anak-anak harus memenuhi kriteria gizi terbaru McDonald's, dan akan terus memenuhi ketentuan periklanan lokal untuk pemasaran kepada anak-anak.

#5 Memanfaatkan Pemasaran Inovatif Untuk Membantu Meningkatkan Pembelian Makanan dan Minuman yang Mengandung Bahan-bahan yang Direkomendasikan pada Menu Happy Meal.

McDonald’s menyadari kesempatan yang dimiliki untuk membuat dampak positif dengan memanfaatkan ukuran dan skala pada pemasaran yang inovatif, termasuk dalam hal kemasan dan promosi serta penggunaan teknologi seperti di kios maupun mobile apps untuk membantu McDonal’s menyediakan lebih banyak buah, sayur, susu rendah lemak, biji-bijian, serta rendah protein dan air pada Happy Meal. Tujuan ini merupakan salah satu langkah lebih lanjut dari McDonald’s untuk memasukkan komponen pengukuran serta berbagi praktik terbaik dan hasil secara transparan kepada pihak luar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)