Mengintip Inisiatif Sosial Indofood tentang Sarapan Sehat

Studi Akademik Pekan Sarapan Nasional yang dirilis PERGIZI PANGAN Indonesia pada tahun 2012 mengungkapkan bahwa prevalensi tidak biasa sarapan pada anak dan remaja mencapai 16,9%-59% dan pada orang dewasa mencapai 31 ,2%. Sementara itu, hasil analisis data konsumsi pangan Riskesdas 2010 terhadap 35.000 anak usia sekolah menunjukkan bahwa 44,6% anak yang sarapan hanya memperoleh asupan energi kurang dari 15% dari kebutuhannya yang seharusnya 15-30% kebutuhan. Itu artinya, 70% atau 7 dari 10 anak usia sekolah di Indonesia masih belum memenuhi sarapan bergizi.

Berangkat dari fakta itu, PT Indofood Sukses Makmur Tbk. sebagai salah satu perusahaan makanan-minuman terbesar di Indonesia, menggelar inisiatif sosial "Pendidikan Sarapan Sehat" bertajuk "Sarapan Sehat dan Jajanan Aman Menuju Generasi Sehat Berprestasi". Inisiatif yang dikemas lewat format edukasi sekaligus sarapan bersama di sekolah dasar itu sudah digelar sejak tahun 2015 lalu. Pada kesempatan itu, Indofood menggandeng PERGIZI PANGAN sebagai mitra.

"Inisiatif Sarapan Sehat ini merupakan program berkelanjutan yang menyasar anak-anak Sekolah Dasar (SD). Setiap tahunnya, ada 12 ribu lebih anak SD yang kami jangkau. Tahun ini, memasuki tahun keempat dan akan menjangkau 12.600 anak SD. Sampai saat ini, kami masih fokus pada Pulau Jawa," ujar Dwi Setio Irianingsih, CSR Manager Indofood.

Ditambahkan Head of Corporate Public Relations PT Indofood Sukses Makmur Tbk. Nurulita Novi Arlaida, objektif dari program tersebut adalah untuk mengedukasi tentang pentingnya sarapan bergizi dan seimbang kepada anak-anak. "Kami memberikan edukasi langsug kepada anak SD kelas 3 hingga 6. Sedangkan untuk anak SD kelas 1dan 2, kami berikan edukasi lewat orangtua dan guru di sekolah," tuturnya di sela-sela program Pendidikan Sarapan Sehat yang digelar Indofood pada hari ini (27/4), di SDN Sukamaju 01, Jonggol, Bogor.

Dwi menguraikan, bersama PERGIZI PANGAN, tahun ini Indofood menyasar 12.600 siswa Sekolah Dasar, 525 guru SD, 840 orang tua, 490 mahasiswa dan Dosen di tujuh kota di Pulau Jawa. Ketujuh kota tersebut adalah Bogor, Bandung, Tasikmalaya, Cirebon, Purwokerto, Sidoardjo, dan Jember. 'Kegiatan yang dilaksanakan di bulan April hingga Mei ini, dilaksanakan dalam rangka memeringati Hari Gizi Nasional dan Pekan Sarapan Nasional (PESAN)," katanya.

Sementara itu, menurut Ketua Umum PERGIZI PANGAN Indonesia Prof. Dr. Hardinsyah MS, secara terus menerus PERGIZI PANGAN dan Indofood memberikan edukasi kepada masyarakat, yang meliputi siswa SD, orangtua, guru, mahasiswa, dan dosen. "Hasil evaluasi yang kami lakukan di dua kota yang menjadi baseline Pendidikan Sarapan Sehat kami, yakni Malang dan Purwokerto, menunjukkan adanya peningkatan praktik sarapan sehat siswa SD dari 57% di tahun 2016 menjadi 73% di tahun 2017," ungkapnya.

Ia pun berharap, melalui program Pendidikan Sarapan Sehat, anak-anak terbiasa untuk sarapan sehat, yaitu kegiatan makan dan minum yang aman dan bergizi memenuhi 15-30% kebutuhan gizi sebelum beraktivitas atau sekolah, maksimal sebelum jam 9 pagi.

Pada kegiatan Pendidikan Sarapan Sehat yang berlangsung hari ini di SDN Sukamaju 01 Jonggol, Indofood menyajikan alternatif menu sarapan dengan gizi seimbang berupa Indomie Goreng sebagai sumber karbohidrat dilengkapi dengan telur untuk protein dan sayur, serta minuman berupa air mineral Club dan susu Indomilk.

Dijelaskan Dwi, program Pendidikan Sarapan Sehat meliputi empat kegiatan. Pertama, pelatihan kepada dosen dan mahasiswa sebagai fasilitator pendidikan sarapan sehat. Kedua, pelatihan dan edukasi sarapan sehat bagi guru. Ketiga, edukasi sarapan sehat bagi anak sekolah. Keempat, edukasi kepada orang tua siswa.

"Metode penyampaiannya pun disesuaikan agar mudah dipahami dan dimengerti, seperti melalui komik Ayo Sarapan Sehat! dan Cakram Alternatif Sarapan Sehat, sebagai salah satu karya PERGIZI PANGAN Indonesia," tutup Dwi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)