Winners "Indonesia Most Experiential BRAND ACTIVATION AWARD 2015"

Winners Kategori Community Event

Winners Kategori Community Event

Winners Kategori Sport Event

Winners Kategori Sport Event

Winners Kategori Special Event

Winners Kategori Special Event

Winners Kategori Festival Exhibition

Winners Kategori Festival Exhibition

Winners Kategori Contest Competition

Winners Kategori Contest Competition

Majalah MIX Marcomm dari kelompok Media SWA, satu-satunya media yang fokus mengupas strategi komunikasi pemasaran brand, untuk kedelapan kalinya memberikan penghargaan kepada brand yang berhasil menciptakan aktivasi merek yang experiential bagi khalayak sasarannya dan impactful bagi kinerja brand-nya. Terdapat hampir 100 activation yang masuk ke meja juri. Masing-masing event tersebut dikelompokkan berdasarkan jenisnya menjadi lima kategori, yaitu “Sport Event”--termasuk di dalamnya Running Event, Community Event, Festival&Exhibition, Contest&Competition, dan Special Event. Special Event adalah event yang tidak termasuk empat kategori sebelumnya—bisa berupa one day occasion event, atau thematic event. Masing-masing program kemudian dinilai oleh empat orang juri kompeten yang berasal dari kalangan pakar, praktisi, dan media. Mereka adalah Adi Wijaya, praktisi senior brand activation di Indonesia; Sumardy, pengamat pemasaran, CEO Buzz&Co; Dorien Kartikawangi, Associate Professor School of Communication Unika Atma Jaya; dan Edhy Aruman, Redaktur Senior Majalah MIX MarComm. Untuk catatan, kepada juri yang memiliki konflik kepentingan dengan materi yang dievaluasi, kami meminta yang bersangkutan untuk mengosongkan penilaian, sehingga nilai yang direkapitulasi adalah total rata-rata penilaian (Total Average). Para juri memberikan penilaian berdasarkan kriteria sebagai berikut: Pertama, KONSEP STRATEGI, menilai efektivitas strategi dalam menjawab tantangan dan kebutuhan brand—seperti yang digambarkan di dalam latar belakang penyelenggaraannya—menilai originalitas dan uniqueness konsep, serta relevansi konsep dengan nilai-nilai yang diusung brand. Kedua, EKSEKUSI, menilai kreativitas eksekusi, efisiensi biaya, termasuk detail eksekusi program.   Ketiga, INTERAKSI, menilai tingkat bonding dan interaksi brand dengan audience yang berpartisipasi dalam aktivitas brand tersebut. Keempat, HASIL/RESULT, menilai pencapaian/hasil aktivitas merek dengan mengacu kepada objektif diselenggarakannya program. Hasil bisa dilihat dari dokumentasi media monitoring, jumlah audience yang terlibat dalam program tersebut, testimoni stakeholder, hasil amplifikasi program, dokumentasi foto-foto, dan lain-lain. Kelima, AMPLIFIKASI: menilai strategi untuk mengamplifikasi program melalui pemanfaatan media sosial, pelibatan komunitas, dan lain-lain. Akhirnya, berikut ini adalah pemenang Indonesia Most Experiential Brand Activation 2015 hasil penilaian para juri. Semoga cover story ini menjadi inspirasi para pelaku industri untuk menciptakan aktivasi merek yang lebih kreatif, interaktif dan lebih engage dan experiential bagi audience, yang pada akhirnya berdampak lebih besar lagi bagi kinerja brand yang diusungnya. Fenomena maraknya “running” dan World Cup tahun ini menjadi pertimbangan kami dalam membuat kategorisasi activation dalam entries kami. Dengan tambahan kategori tersebut, kami enam kategori entries untuk mengakomodasi event-event yang masuk ke dalam penilaian para juri, yaitu World Cup Event, Running Event, Festival & Exhibition, Contest & Competition, Roadshow, dan One-Occasion Event. Akhirnya, berikut ini adalah pemenang Indonesia Most Experiential Brand Activation 2015 hasil penilaian para juri. Semoga cover story ini menjadi inspirasi para pelaku industri untuk menciptakan aktivasi merek yang lebih kreatif, interaktif dan lebih engage dan experiential bagi audience, yang pada akhirnya berdampak lebih besar lagi bagi kinerja brand yang diusungnya.
Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Read previous post:
Strategi Indosat Ooredoo Sukseskan Layanan 4Gplus

Paska rebranding menjadi Indosat Ooredoo, manajemen Indosat Ooredoo makin gencar saja melakukan ekspansi bisnisnya. Hari ini (30/11), Indosat Ooredoo memutuskan...

Close