Agensi Saat ini, "Lo Belum Minta Sudah Gua Sediain."

 

Service bagi pemasang iklan adalah segala-segalanya. Kenapa? Sebab saat ini semakin banyak dan berkembang agency-agency periklanan. Mereka sangat kreatif, termasuk dalam membaca trend dan memanfaatkan media. Mereka faham bahwa promo melalui periklanan kini banyak mendapatkan pesaing. Media untuk mempublikasikan iklan semakin banyak dan beragam. TV misalnya, selain stasiunnya semakin banyak, ada sebaran program-program yang seringkali berbenturan waktunya antara satu progfram unggulan dengan program unggulan lainnya. Ini membuat para media placement harus memutar otak.

Intinya, tumbuhnya pemancar komersial di segenap penjuru tanah air, masing-masing dengan gaya dan cara pendekatan yang berbeda memaksa mereka untuk menjadi semakin cerdas dalam memilih merdia. Terbitnya puluhan majalah-majalah baru mulai dari yang bersifat umum hingga majalah yang khusus bicara soal rambut, mobil, konstruksi dan komputer. Terbitnya surat kabar yang berdomisili di ibu kota negara, ibu kota propinsi atau ibu kota kabupaten, masing-masing dengan garapan berita yang beda ruang lingkupnya. Juga mempunyai implikasi yang sama bagi pengelola agency.

Selain itu, iklan sendiri kini mendapat pesaing berupa event dan aktivitas pemasaran lain seperti public relations, dan sebagainya. Belum lagi dengan semakin berkembangnya teknologi seperti intenter dan telepon seluler serta piranti komunikasi lainnya, hal-hal negatif dan positif pada sebuah merek bisa menyebar dari satu pihak ke pihak lainnya dengan kecepatan dan daya sebar yang belum sempat kita bayangkan lima sepuluh tahun lalu.

Di sisi lain, tuntutan pemilik merek kini bukan lagi sekadar meningkatkan awareness. Pemilik merek selalu berhitung bahwa setiap rupiah yang dikeluarkan untuk promosi harus meningkatkan penjualan sekian. Itu sebnabnya dewasa ini perpindahan account pemilik merek dari satu agency ke agency lainnya cukup tinggi.

Beberapa agency kini mengembangkan diri menjadi apa yang disebut dengan one stop service. Lo mau apa, gua ada. Lo belum minta sudah gua sediain. Sebuah agency periklanan yang mendukung predikat ini adalah agency yang mempunyai kapasitas untuk memberi pelayanan di tiga bidang yaitu, pertama, konsultasi komunikasi pemasaran, kedua pelayanan perencanaan dan pemesanan media, dan ketiga pelayanan kreatif.

”Tanpa diminta klien, kami turut merumuskan strategi komunikasi merek klien, brand development, hingga consumer insight. Itu semua bagian dari layanan  Dwi Sapta, dan tidak dikenakan biaya,” President Director (saat itu) Dwi Sapta A. Adji Watono.

Pelayanan konsultasi pemasaran merupakan barisan terdepan yang berhadapan langsung dengan pihak pemilik merek sebagai pemakai jasa periklanan. Para pemilik merek selalu mempersepsikan bahwa di dalam agency periklanan terdapat sekumpulan para ahli dalam komunikasi pemasaran. Para “tenaga ahli” inilah yang diharapkan membawa pengetahuan, keahlian, pengalaman serta efisiensi yang tidak dimiliki perusahaan ke dalam perusahaan pemilik merek.

Para pemilik merek memiliki ekspektasi bahwa para agency ini memiliki kemampuan untuk menemukan solusi dari berbagai masalah bisnis kliennya yang kompleks. Dengan menghemat sejumlah besar uang klien atau merekomendasikan peluang pendapatan yang atraktif, para agency menampilkan fungsi yang nilainya luar biasa.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Read previous post:
Data Lokasi Penting, Tapi Hati-hati

  Walgreens adalah jaringan toko obat paling sukses di Amerika Serikat. Berawal dari sebuah toko keluarga di Chicago pada tahun...

Close