Belanja Iklan Global Tembus $ 578 miliar di 2018, Bagaimana dengan Indonesia?

Tahun 2018, belanja iklan di global diperkirakan akan tumbuh tipis, yakni hanya 4,1%. Itu artinya, total belanja iklan global di tahun depan menyentuh angka $ 578 miliar. Dari total belanja iklan itu, kontribusi terbesar masih disumbang oleh iklan display mencapai $ 109,4 miliar. Selanjutnya, disusul oleh iklan dalam bentuk Paid Search yang mencapai $ 96,3 miliar dan Classified Ads (iklan baris) senilai $ 19 miliar. Demikian laporan yang baru saja dirilis oleh Zenith’s Global Advertising.

Masih menurut laporan tersebut, dari pertumbuhan belanja iklan global di sepanjang 2017 hingga 2020 mendatang, Indonesia menempati posisi ketiga sebagai penyumbang terbesar pada total belanja iklan di global. Pertumbuhan belanja iklan di Indonesia pada 2017 hingga 2020 diperkirakan mencapai $ 3,014 miliar. Sedangkan penyumbang terbesar pertama dan kedua adalah Amerika Serikat dan China, dimana masing-masing pertumbuhannya diperkirakan mencapai $ 19,7 miliar dan $ 14,2 miliar.

Terkait kanal komunikasi yang paling banyak diminati para pengiklan di global, ternyata TV masih mendominasi, yakni mencapai 34,3% di 2017. Sayangnya, harus turun tipis menjadi 31,4% di 2020 mendatang. Kontributor kedua yang ke depannya akan sangat diminati para pengiklan di global adalah mobile internet yang mencapai 19,5% di 2017. Pada tahun 2020, mobile internet akan tumbuh signifikan menjadi 28,8%.

Di peringkat ketiga ada desktop internet yang mencapai 17,8% di 2017 dan terpaksa turun tipis menjadi 15,5% di 2020. Media konvensional koran, tercatat seagai penyumbang terbesar keempat, dengan 9,7% di 2017 dan terpaksa turun menjadi 7,5% di 2020. Selanjutnya, diikuti oleh outdoor yang mencapai 6,7% menjadi 6,4% di 2020. Iklan radio menyumbang 6,2% di 2017 dan menjadi 5,7% di 2020.

Serupa dengan media konvensional lainnya, seperti TV, koran, dan radio, maka majalah juga akan mengalami penurunan. Jika di 2017 kontribusinya masih 5,2%, maka di 2020 mendatang, kontribusinya melorot menjadi 3,9%. Sementara cinema atau iklan di bioskop, meski kontribusinya masih sangat tipis, yakni 0,7% di 2017, namun pada 2020 mendatang, kontribusinya mengalami kenaikan menjadi 0,9%.

Terkait internet spending yang mengalami pertumbuhan signifikan tiap tahunnya, Zenith juga melaporkan bahwa di 2018, iklan dalam bentuk display pada internet spending masih akan mendominasi, yakni mencapai US$ 109,4 miliar. Adapun iklan paid search mencapai US$ 96,3 miliar dan classified Ads mencapai US$ 19.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)