Iklan Efektif – Lebih Dari Sekedar Media “Black Box”

Apa yang membuat sebuah iklan berhasil? Ini adalah pertanyaan klasik yang jawabannya tidak mudah meskipun banyak waktu dan biaya yang telah dihabiskan untuk mencari tahu jawabannya. Nielsen dengan database Brand Efect TV lebih dari 250.000 iklan TV mencari tahu apa yang mendorong memorability iklan di dunia nyata dan dampak merek. Ternyata, ada beberapa building block di antara iklan-iklan terbaik, terlepas dari kategori atau merek. Apa sajakah itu? Pertama, berkisah. Iklan yang hebat hampir selalu menceritakan kisah yang baik. Iklan yang hebat sangat meyakinkan, mudah dimengerti, dan memiliki alur cerita menghibur yang mampu melibatkan penonton dan menarik mereka ke dalam dunia advertised brand. Jadi, pastikan merek Anda menggambarkan cerita yang bagus. Kedua, sederhana. Makin sederhana makin baik, dan ini juga berlaku untuk periklanan. Sebuah kisah sederhana yang diungkapkan secara tepat akan lebih mudah diingat. Terlalu banyak potongan dan kompleksitas cerita justru menciptakan kebingungan dan mengaburkan alur cerita. Ketiga, relevansi. Iklan yang “gue banget” terbukti lebih efektif. Iklan tersebut seakan-akan berbicara langsung ke konsumen dan apa yang mereka butuhkan. Termasuk situasi dan karakter yang berhubungan langsung dengan penonton, sehingga memudahkan mereka untuk terlibat dan peduli dengan iklan Anda. Keempat, humor. Humor yang disesuaikan dengan pemirsa adalah ciri lain iklan yang hebat. Seorang laki-laki berusia 18 tahun yang masih sekolah dengan pensiunan guru berusia 65 tahun tentu memiliki rasa humor yang berbeda. Humor yang disesuaikan dengan usia dapat menumbuhkan semangat penonton dan mungkin bisa selalu diingat. Kelima, branding. Iklan terbaik memiliki branding yang kuat secara definisi. Sebuah iklan tidak mungkin bisa menjadi iklan yang kuat jika tidak ada seorangpun yang mengingat bahwa itu adalah brand Anda. Sebuah iklan/brand yang di-branded dengan baik mengomunikasikan brand-nya baik lewat audio maupun video, dan menggunakan brand cue lebih dulu dan sering. Sering juga brand menggunakan karakter ikon atau musik yang dapat segera mengidentifikasi brand tersebut. Kelima prinsip di atas tentu bukan tolok ukur sebuah iklan dikatakan hebat dan mudah diingat. Kreativitas tapa batas, intuitif dan organik akan selalu menjadi dasar dari konsep iklan terbaik. Tetapi kelima unsur ini secara konsisten hadir di antara iklan terbaik dalam database Nielsen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Read previous post:
Tutup “Daycare Unilever 2014” dengan Kegiatan Bincang Parenting

Setelah menggelar program internal tahunan “Daycare Unilever 2014”, pada awal Agustus ini (8/8) Unilever Indonesia resmi menutup program tersebut lewat...

Close