Inilah Daftar Nominee Iklan TV Pilihan Pemirsa Versi "Bright Awards Indonesia 2016"

MNC

Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (P3I) memprediksi bahwa belanja iklan Indonesia pada tahun 2015 lalu menyentuh angka Rp 138 triliun. Sementara itu, Nielsen merilis, hingga September 2015, belanja iklan di televisi dan cetak mencapai Rp 86,2 triliun, dimanaa Rp 62 triliun-nya adalah belanja iklan televisi.

Besarnya “kue” iklan untuk media televisi menyiratkan bahwa di era digital seperti sekarang, rupanya TV Commercial atau iklan televisi masih dinilai efektif untuk mengkomunikasikan brand atau produk ke konsumen Indonesia. Oleh karena itu, penting bagi pengiklan, termasuk agensi iklan yang merancang kreatif iklan, untuk mengetahui penerimaan konsumen terhadap iklan-iklan yang mereka komunikasikan di media televisi.

Berangkat dari fakta itulah, maka untuk pertama kalinya, MNC Media (MNC Group) menggelar program "Bright Awards Indonesia 2016". Melalui program tersebut, MNC mengapresiasi para insan kreatif di industri periklanan Tanah Air atas karya iklan televisi yang dinilai paling komunikatif. Rencananya, penghargaan tersebut akan menjadi penghargaan tahunan yang digelar oleh MNC Group.

Kanti Mirdiati, Managing Director RCTI, menjelaskan, “Berbeda dengan penghargaan lainnya, seperti Citra Pariwara yang diselenggarakan P3I, Bright Awards Indonesia 2016 dinilai berdasarkan pemirsa yang memang menjadi target audience iklan. Penghargaan untuk karya iklan berdasarkan penilaian pemirsa seperti ini merupakan yang pertama di Indonesia.”

Ditambahkan SVP Programming & Production GlobalTV Hari Martono, mekanisme penilaian untuk 20 kategori penghargaan dibagi dalam dua kelompok, yakni berdasarkan survei dan voting (lewat SMS serta social media Twitter). “Untuk survei, kami melakukan face-to-face interview kepada 1.700 responden dengan usia responden 12-60 tahun, yang aktif menonton TV dalam satu bulan terakhir. Survei dilakukan di 17 provinsi dengan total 47 kota besar dan kecil di seluruh Indonesia pada periode Januari hingga Desember 2015. Untuk survei itu, MNC menggandeng badan survey independent Roy Morgan,” papar Hari, yang menyebutkan bahwa pertanyaan fokus pada top of mind responden.

Istimewanya, 20 kategori yang dihadirkan disesuaikan dengan elemen-elemen yang memang dibutuhkan pengiklan dalam merancang strategi komunikasi mereka di televisi. Sebut saja, elemen jingle iklan, tagline iklan, hingga model iklan yang kerap kali juga menjadi brand ambassador dari produk yang diiklankan. Ke-20 kategori itu antara lain kategori Jingle Iklan, Tagline Iklan, Bintang Iklan Pria, Bintang Iklan Wanita, Bintang Iklan anak, Pasangan Bintang Iklan, Iklan Tema Drama, Iklan Lucu, dan Iklan Korporasi.

Mau tahu siapa saja nominasi yang telah berhasil dihimpun dari survei Roy Morgan? Berikut ini parade  nominee “Bright Awards Indonesia 2016”, yang pemenangnya akan diumumkan pada malam penghargaan yang akan digelar secara live di RCTI dan Global TV pada 8 Maret 2016 nanti.

Kategori Jingle Iklan: Bintang Toedjoe Bejonya Tuh Di Sini Djarum Coklat Oreo Dunia Penuh Keajaiban Indomie Seleraku Mie Suksess Isi 2

Kategori Tagline Iklan: Aku dan Kau Suka Dancow Kopiko Gantinya Ngopi Kopi Kapal Api Jelas Lebih Enak Top Kopi, Kopinya Orang Indonesia Orang Pintar Minum Tolak Angin Relaxa Permen Wangi Penyegar Mulut Gudang Garam International, Pria Punya Selera Kuku Bima Ener-G Rosa! Rexona Setia Setiap Saat Yamaha Semakin di Depan

Kategori Bintang Iklan Pria: Al Ghazali Aliando Syarief Iwan Fals Raffi Ahmad Sule

Kategori Bintang Iklan Wanita: Agnes Monica Cita Citata Dewi Sandra Raisa Syahrini

Kategori Bintang Iklan Anak: Abieza Rizal Calibre Adam Rizky Benzema Baim Cinta Kuya CJR

Kategori Pasangan Bintang Iklan: Arie Untung dan Fenita Arie Bunga Citra Lestari dan Ashraf Donna Agnesia dan Darius Dude Herlino dan Alyssa Soebandono Raffi Ahmad dan Nagita Slavina

Kategori Iklan Tema Drama: Aqua Bagaikan Air Beng Beng versi Putus Good Day versi Kepikiran Cowok Lux Soft Touch Tepung Bumbu Sasa

Kategori Iklan Lucu: Ada Aqua versi Mirip Axis versi Cekrek Uplaod Djarum 76 versi Mulut atau Knalpot Bocor Kartu As versi Gulai Otak Mie Suksess Isi 2 Sampoerna Hijau versi Panas

Kategori Iklan Korporasi: Bank Mandiri HUT RI 70 BPJS Ketenagakerjaan Djarum Beasiswa Plus Pertamina Semangat Terbarukan Telkomsel Trubex Nelayan

.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Read previous post:
Ini Lima Hal yang Paling Dikhawatirkan Konsumen Indonesia

Tingkat kepercayaan konsumen Indonesia pada kuartal keempat (Q4) 2015, yang baru saja dirilis Nielsen, rupanya masih menunjukkan optimisme yang cukup...

Close