Begini Agresivitas Meikarta Membangun Brand Awareness

Sebagai pendatang baru di pasar apartemen, Meikarta tercatat sebagai brand yang cukup cepat dikenal publik. Tingginya brand awareness Meikarta tak lepas dari agresifnya Meikarta dalam melancarkan strategi branding-nya. Antara lain, dengan menggelar kampanye iklan lewat berbagai saluran komunikasi. Menurut catatan Nielsen, Meikarta merupakan brand yang paling tinggi beriklan di sepanjang tahun 2017 lalu. Dengan posisinya sebagai top spender, Meikarta menggelontorkan belanja iklan sebesar Rp 1,5 triliun di sepanjang tahun lalu.

Meski brand awareness-nya sudah tinggi, Meikarta tetap konsisten memperkuat brand-nya. Selain melakukan kampanye komunikasi lewat iklan TV, cetak, dan billboard, Meikarta juga menggelar aktivasi yang melibatkan konsumen lewat program "Meikarduck Star Hunt". Program tersebut berformat kompetisi membuat jingle Meikarduck, bebek raksasa yang menjadi ikon Meikarta.

Program yang digelar pada 5 November 2017 hingga 10 Februari 2018 itu, telah diikuti 400 peserta dari seluruh penjuru Tanah Air. "Program ini ternyata telah mendapat respon yang cukup besar dari masyarakat. Kompetesi membuat jingle Meikarduck ini merupakan bentuk nyata dari Meikarta, untuk menjadi bagian dari masyarakat. Ajang ini juga sebagai wadah bagi generasi muda lndonesia, untuk menyalurkan bakat dan kemampuannya dalam bidang seni. Ke depan, Meikarta berkomitmen untuk memberikan dukungan kepada generasi muda bangsa yang memiliki bakat seni, untuk terus maju," ungkap Ferry Thahir, Chief Marketing Officer Meikarta.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa proses penilaian dimulai dengan seleksi dari tim internal Meikarta, dengan memilih dari 400 peserta, menjadi 20 peserta yang berhak mengikuti Grand Final Meikarduck Star Hunt. Ke-20 peserta yang berhak masuk ke Grand Final Meikarduck Star Hunt akan dipilih tiga pemenang, di mana masing-masing pemenang akan mendapat hadiah Rp 200 juta ( juara 1), Rp 120 juta (juara 2), dan Rp 50 juta (juara 3).

Dalam Grand Final Meikarduck Star Hunt, Meikarta menghadirkan tiga orang juri, yaitu Dwiki Dharmawan (Musisi Senior), Maylaffayza (Musisi), Nadine Chandrawinata (Mantan Putri Indonesia), dan Julie Estelle (Artis). Selain itu, acara grand final juga akan dimeriahkan dengan penampilan Rio Febrian dan HlVl.

"Pemenang akan kami kontrak selama setahun dan jingle-nya akan kami gunakan untuk kampanye komunikasi Meikarta," tutup Ferry yang mengklaim bahwa Meikarta telah menjadi market leader di pasar apartemen di Indonesia, dengan pengsa pasar 40%. Bahkan, Meikarta juga telah menargetkan penjualan 20 ribu unit per bulan atau 240 ribu unit sepanjang tahun 2018.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)