Branding Indofood Melalui Tujuh Klub Sepak Bola Lokal

Komitmen Indofood terhadap perkembangan olahraga di Indonesia kembali diwujudkan lewat dukungannya kepada tujuh klub sepakbola lokal sekaligus. Dukungan ketujuh klub sepak bola tersebut dilakukan pada musim liga tahun ini. Ketujuh klub tersebut adalah Persib, Bali United, PSMS Medan, PSIS Semarang, PSS Sleman, Arema, dan Celebest.

Di sela-sela event "Indofood Football Stars" yang digelar di acara PRJ-Kemayoran Jakarta pada akhir Juni 2018, Consumer Activation Manager Corporate Marketing Indofood Irma Prianti mengakui bahwa tahun ini, Indofood tidak hanya mendukung klub-klub sepak bola di Indonesia. Namun, perhelatan bergengsi Asian Games 2018, juga mendapat dukungan dari Indofood.

"Dukungan ini merupakan komitmen kami dalam memajukan olahraga di Indonesia. Bahkan, dukungan terhadap klub sepak bola di Indonesia sudah Indofood lakukan sejak empat tahun lalu, yakni kepada Persib dan Bali United. Dampaknya terhadap kinerja merek Indofood tercatat positif," ungkap Irma yang menyebutkan Indofood juga melakukan dukungan pada olahraga selain sepak bola, seperti bulutangkis dan lari.

Melalui dukungan itu, dijelaskan Irma, tentu saja Indofood memanfaatkannya sebagai kanal branding dan marketing produk-produk Indofood. Antara lain, menempelkan logo Indofood di jersey para pemain klub sepak bola, melakukan aktivasi merek kepada anggota klub atau suporter, kerja sama promosi dengan berbagai toko, branding di stadion, menggunakan para pemain klub sepak bola sebagai endorser, aktivasi di media sosial, hingga memperkenalkan rangkaian produk Indofood--termasuk memperkenalkan berbagai varian nusantara dari produk Indomie, seperti Indomie rasa Soto Padang, Indomie Goreng Aceh, Indomie Sambal Matah, dan sebagainya.

"Sepak bola adalah olahraga berbasis massa. Klub-klubnya pun memiliki fans yang berbasis massa. Hal ini sejalan dengan target market Indofood yang juga menyasar pasar massal. Untuk itu, kami ingin membangun brand awareness kepada masyarakat bahwa Indofood bukan sekadar produk mie instant dengan merek Indomie. Akan tetapi, kami juga punya banyak rangkaian produk lainnya, seperti sirup, biskuit, snack, sambal, bumbu instan, dan sebagainya," tutur Irma, yang menyebutkan bahwa untuk dukungan kepada tujuh klub sepak bola tersebut, Indofood menggunakan bujet marketing.

Ditambahkan Gentur Adiprabawa, Consumer Engagement Corporate Marketing Indofood, sejumlah aktivasi di media sosial sudah dilakukan Indofood. Antara lain di akun resmi media sosial Indofood maupun klub sepak bola lewat berbagai kuis. "Dalam waktu dekat, Agustus 2018 nanti, kami akan merilis video campaign dengan semua klub dan para pemain. Video campaign tersebut akan dirilis di akun media sosial Indofood maupun klub sepak bola," tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)