Fitri Carlina, Mem-Branding Banyuwangi lewat Savana Cake

Ada banyak cara untuk mem-branding sebuah kota. Kuliner adalah salah satu cara jitu sekaligus popular ketika strategi city branding dilancarkan. Yang menarik, kesadaran melakukan city branding tak hanya datang dari para pengelola kota atau pemerintah kota. Melainkan, datang juga dari putra daerah, yang notabene lahir dan dibesarkan di kota tersebut.

Adalah artis cantik, Fitri Carlina, sadar betul akan pentingnya city branding untuk kota kelahirannya, Banyuwangi. Selain putra daerah, sampai saat ini Fitri juga dipercaya menjabat sebagai duta pariwisata Banyuwangi. Oleh karena itu, ia merasa perlu membangun brand awareness kota Banyuwangi.

Salah satu cara yang dipilih Fitri adalah channel kuliner. Dijelaskannya, Banyuwangi, selain terkenal dengan wisata baharinya, ternyata dahulu dikenal sebagai kota pisang pada era 1980-an. "Sayangnya, sebutan sebagai kota pisang tinggal gemanya saja. Saat ini, generasi muda Banyuwangi lebih mengenal sale pisang atau keripik pisang kepok merah sebagai oleh-oleh penganan khas Banyuwangi," ujarnya.

Berangkat dari fakta itulah, akhirnya Fitri memberanikan diri untuk mem-branding Banyuwangi melalui Banyuwangi Savana Cake, kue khas Nusantara berbahan dasar pisang. "Saya ingin mengembalikan kejayaan Banyuwangi yang dulu terkenal dengan sebutan kota pisang melalui Banyuwangi Savana Cake," katanya beralasan.

Dipilihnya merek Savana Cake, diakui perempuan kelahiran 1987 yang silam itu, karena ia terinspirasi dari iklim tropis Banyuwangi. Selain itu, Savana merupakan nama salah satu tempat pariwisata terkenal di Banyuwangi, yakni Savana Baluran dan Savana Sadengan. "Kedua tempat tersebut merupakan savana terbaik di Banyuwangi dan mendapat julukan Afrika Kecil dari Pulau Jawa," ia bercerita.

Pada peluncuran perdananya di Agustus ini, menurut Fitri, Banyuwangi Savana Cake akan menghadirkan lima varian rasa yang mengadopsi keindahan pariwisata Banyuwangi, seperti Savana Red Island, Savana Green Bay, Savana Blue Fire, Savana Sunrise of Java, dan Savana Wedi Ireng.

"Kami akan melakukan kegiatan promo Banyuwangi Savana Cake melalui media online, social media seperti Instagram, dan menggelar aktivasi di beberapa lokasi di Banyuwangi. Objektifnya, agar masyarakat lebih mengenal Banyuwangi Savana Cake. Saat ini kami masih fokus di Banyuwangi dan akan meluas ke beberapa wilayah yang terdekat dengan provinsi Jawa Timur," ujar Fitri di sela-sela persiapan launching gerai Banyuwangi Savana Cake pertama di Banyuwangi, pada pertengahan Agustus ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Read previous post:
Melibatkan UMKM di Pameran “Jakarta Leathers Weeks 2017”

Pameran produk lokal terbaik Indonesia dengan kualitas internasional, “Jakarta Leathers Weeks 2017”, siap digelar pada semester kedua tahun ini. Tak...

Close