Google Rebranding Logo

Google kembali melakukan rebranding logo pada Rabu, (2/8/2015), dalam postingan di blog resminya Google mengatakan sejak awal, halaman depan Google.com selalu hadir dengan sederhana, unik dan taburan warna-warni. “Seperti teknologi yang bergerak maju, kanvas itu sendiri telah berubah dan input serta kebutuhan menjadi lebih beragam,” tulis Google.

logo-baru-google-2015-_150902061052-224

Inilah tampilan logo terbaru Google pasca rebranding logo

Tamar Yehoshua, VP Product Management Google mengatakan, kami memperkenalkan bahasa visual baru yang merefleksikan realita ini, karena kami ingin terus menunjukkan momen-momen di mana keajaiban Google sedang membantu Anda, bahkan dari layar yang paling kecil. “Seperti yang Anda lihat, kami mengambil logo dan branding Google (yang awalnya didesain untuk laman desktop), dan mengubahnya menjadi pengalaman komputasi tanpa batas yang bekerja antar perangkat dan beragam interaksi pengguna (misalnya lewat sentuhan, ketikan, dan suara).”

Dikatakan Tamar, perubahan ini tak hanya menandai kalau anda tengah menggunakan Google, tapi juga menunjukkan kalau Google sedang bekerja untuk Anda. Sebagai contoh, elemen baru seperti mic berwarna-warni akan membantu Anda mengidentifikasi dan berinteraksi dengan Google, baik ketika Anda berbicara, mengetuk, atau mengetik. Sementara itu, kami mengucapkan selamat tinggal kepada ikon “g” biru dan menggantinya dengan simbol yang sesuai dengan desain logo yang baru.

Perubahan logo dan beberapa desain lainnya, sejatinya bukan pertama kalinya bagi Google. Menurut Tamar, “pembaruan hari ini adalah refleksi yang sesuai dari beragam cara Google bekerja untuk Anda, baik melalui Search, Maps, Gmail, Chrome, dan lainnya. Kami tetap mengambil yang terbaik dari Google (simpel, friendly, berwarna-warni), dan kembali memahatnya tak hanya untuk Google masa kini, tapi untuk Google masa depan,” sebut Tamar.

Bobby Nath, Director of User Experience Google menjelaskan alasan Google mengganti logo, “kami membutuhkan bahasa visual yang baru yang dinamis, sesuai dengan perilaku pengguna masa kini di mana mereka mengakses Google dari berbagai layar ponsel, tablet, jam, dan tentunya desktop. Bahasa visual ini akan diaplikasikan ke semua produk kami dan didesain sesuai dengan cara Google bekerja untuk Anda dalam memberikan informasi yang Anda cari.”

Tamar juga menerangkan bahwa, logo baru Google ini tidak ada hubungannya dengan perubahan perihal Alphabet. “Tidak ada. Ini sudah lama berada di “buku gambar” kami,” sebutnya. Ini adalah bagian dari komitmen Google, ungkap Tamar, untuk terus berevolusi sesuai dengan kebutuhan dan perilaku pengguna saat menggunakan produk kami. Tak hanya pengalaman memakai, tapi juga desain.

Berikut makna dari logo baru Google; Logo baru Google menggunakan karakter huruf bernama Sans Serif yang mempertahankan urutan multi-warna yang berbeda. Tanda dot atau titik-titik mempunyai makna sebagai dapat membantu dalam bentuk intraktif dan menuju transisi. Google juga menghadirkan sebuah versi kompak dari logo Google yang bekerja dalam konteks kecil.

“Kami berbagi pemikiran dengan tim di seluruh organisasi. Di bagian rekayasa, penelitian, produk, dan pemasaran tempat menguji ide-ide dan dievaluasi kelayakannya. Proses kolaboratif ini menyebabkan sistem cukup fleksibel untuk digunakan sebagai bagian dari pemasaran dan bekerja produk pada platform apapun: tiga landasan elemental yang membentuk logo tunggal.”

Perubahan logo ini mulai dilakukan pada Google Search dan Maps, selanjutnya akan terus diaplikasikan ke produk milik Google lainnya. Namun tidak hanya perubahan sebatas logo, Google juga memiliki perubahan pada hasil pencarian dan merubah desain kartu Now sesuai konteks konten.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)