Kampanye Kreatif Forte di Industri Rokok Nasional

Sukses meluncurkan produk rokok perdananya di kategori Sigaret Putih Mesin (SPM) dengan merek Forte di Jepang, pada akhir tahun 2017 lalu, Djarum Group memutuskan untuk menghadirkan Forte ke Indonesia. Mencoba tampil beda dengan produk SPM yang telah lebih dulu hadir, maka Djarum menghadirkan Forte sebagai rokok yang berdiameter mini, yakni hanya 70 milimeter. Meskipun, dari sisi komersil, rokok 70 milimeter memang belum bisa menandingi popularitas dari rokok 84 milimeter yang sekarang mendominasi pasaran.

Guna mengkampanyekan produk anyarnya itu, Djarum mempercayakan agensi periklanan Flock untuk membesut kreatifnya. Dijelaskan CEO Flock Ivan Hadywibowo, studi menunjukkan bahwa laki-laki kurang berani dalam mengambil resiko ketika mencoba hal-hal di luar merek dan produk kesukaannya.

“Oleh karena itu, kampanye ini dirancang untuk menyertai penetrasi perdana Forte ke pasar Indonesia. Sebelumnya, merek rokok mini ini hanya tersedia eksklusif di Jepang. Pasar rokok Indonesia yang didominasi oleh laki-laki (hampir 96%) menjadi tantangan tersendiri dalam menciptakan kampanye kreatif agar para laki-laki berani mencoba produk baru ini untuk pertama kali,” paparnya.

Berangkat dari insight tersebut, akhirnya Flock meluncurkan sebuah kampanye kreatif Forte yang menampilkan sudut pandang fresh dan berusaha menarik khalayak yang lebih luas. Dipaparkan Ivan, iklan Forte menawarkan sebuah tagline yang mudah diingat, yakni “Mighty Tiny” (atau “Si Kecil yang Perkasa”).

“Tagline tersebut dilengkapi dengan gambar seorang pesumo yang dikurung dalam sebuah ruangan mungil. Hal ini bertujuan untuk menekankan kehebatan dari hal-hal yang kecil, dan membuktikan bahwa ukuran mini bisa memberikan performa yang powerful,” paparnya.

Lebih lanjut ia menambahkan bahwa kampanye itu dibuat khusus untuk menampilkan keunikan dari Forte, yaitu rokok berukuran mini dengan cita rasa yang kuat. Daun tembakau pembungkus rokok Forte memberikan kejernihan rasa yang lebih kuat, tidak seperti merek rokok kecil yang ada di pasaran saat ini.

"Pasar Indonesia selalu mencari sesuatu yang baru. Mereka mencari cara untuk terus menggebrak pakem serta menonjol dari keramaian. Hal itulah yang ingin kami sampaikan lewat kampanye terbaru dengan Forte. Dalam hal ini, kami ingin menekankan pada ukuran mini dan cita rasa yang kuat dari produk Forte,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)