Upaya Nation Branding Lewat Tayangan “Wonderful Indonesia Flavours”

Wonderful Indonesia Flavours S2 - Foto 1 Di era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang serba kompetitif seperti sekarang, setiap negara dituntut untuk melakukan berbagai upaya branding maupun promosi yang menyasar pasar internasional. Sejatinya, upaya nation branding yang dilakukan diyakini dapat memperkuat image positif dari sebuah negara, hingga berujung pada tingginya tingkat kunjungan turis mancanegara. Pemerintah Indonesia pun menyadari pentingnya nation branding. Oleh karena itu, berbagai upaya untuk membranding Indonesia telah dilakukan. Mulai dari kegiatan olahraga dalam bungkus sport tourism, hingga tayangan program televisi yang membidik penonton internasional. Antara lain, lewat tayangan kuliner bertajuk “Wonderful Indonesia Flavours”. Dituturkan Menteri Pariwisata Arief Yahya, “Kunci utama dalam budaya sebuah negara adalah bahan makanan dan makanan yang unik. Melalui serial Wonderful Indonesia Flavours, kami berharap dapat berbagi cerita yang unik dan beragam melalui resep-resep otentik dari masing-masing daerah yang dikunjungi. Selain itu, kami ingin memberikan sambutan hangat dan mengundang pemirsa untuk berkunjung, mencicipi makanan, berjelajah, dan merasakan petualangan di Indonesia.” Ya, setelah mendapat sambutan positif pada musim sebelumnya, sekuel dari “Wonderful Indonesia Flavours”, sebuah tayangan yang terdiri atas lima episode produksi Asian Food Channel, akan tayang kembali pada akhir Juli 2016. Pada tayangan musim kedua itu, penonton akan disuguhkan tayangan yang memukau mata. Sebab, celebrity chef lokal Indonesia yakni Rinrin Marinka selaku host, serta co-host asal Australia yakni Chef Tobie Puttock, akan mengajak pemirsa untuk menjelajahi lima destinasi baru di Indonesia. Kelima destinasi itu adalah Bali, Jakarta, Lombok, Yogyakarta, dan Padang Chef Rinrin Marinka dan Chef Tobie Puttock dipastikan akan membawa para pemirsa untuk menemukan pemandangan dan sajian khas Indonesia yang eksotis dan menakjubkan. Pada program tersebut, kedua chef itu akan menjelajahi surga makanan yang sederhana. Keduanya juga akan menjelajah pusat seni dan budaya Indonesia di Yogyakarta dan tempat selancar di pantai-pantai di Lombok. Mereka pun akan melibatkan diri langsung dengan masyarakat setempat. “Pada musim pertama, kami mengungkap masakan yang unik dan berbeda-beda. Ini sangat menakjubkan. Saya merasa terhormat dapat berbagi warisan negeri saya kepada pemirsa. Musim kali ini, memiliki arti tersendiri bagi saya, sebab akan ada satu episode yang menunjukkan Chef Tobie dan saya melakukan perjalanan di kampung halaman saya, yakni Jakarta, untuk menemukan hidangan modern maupun tradisional,” ujar Chef Rinrin. Pada episode perdana di sekuel “Wonderful Indonesia Flavours”, dua Chef akan berkeliling dari satu kota ke kota lainnya di Padang, mencicipi Rendang Sapi terbaik yang dimasak dengan sempurna, dan menikmati hidangan lokal seperti Gulai Ikan Karang (ikan dalam kari kuning). Mereka juga seolah menjadi pemandu wisata bagi para pemirsa saat mengunjungi “Lobang Jepang Bukittinggi”, sebuah terowongan yang dibangun saat Perang Dunia II oleh orang-orang Jepang sebagai tempat penyimpanan amunisi dan rumah tentara. “Wonderful Indonesia Flavours 2” yang dipersembahkan oleh Wonderful Indonesia akan tayang perdana pada 28 Juli mendatang di berbagai stasiun TV berbayar seperti BIG TV, First Media, Indovision, hingga NexMedia. Sekuel tersebut dapat dinikmati pada pukul 20.00 di Asian Food Channel.
Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Read previous post:
Upaya Canon Menjawab Kebutuhan Para Pecinta Fotografi dan Traveller

Menyasar para pecinta fotografi yang gemar traveling, Canon melalui PT Datascrip sebagai distributor tunggal untuk produk pencitraan digitalnya di Indonesia,...

Close