Community Engagement, Strategi Opera Menggarap Pasar Indonesia

Opera

Indonesia adalah pasar yang sangat penting bagi Opera, dan saat ini pengguna browser Opera Mini di Indonesia menempati posisi kedua terbesar di dunia setelah India. Jumlah pengguna yang signifikan ini, ditambah dengan pertumbuhan pengguna social media dan perangkat genggam mobile seperti smartphone yang sangat pesat, menjadikan community engagement sebagai salah satu fokus kegiatan Opera di Indonesia.

Bagi Opera, co-creation adalah bentuk kerja sama yang sesuai dengan komitmen ini, yaitu membantu komunitas dengan akses-akses ke inovasi atau sumberdaya teknologi. Oleh karena itu, peran community specialist sangatlah penting. Opera saat ini menaungi 7 juta fans di media sosial, yang tersebar antara lain di Facebook, Twitter, dan LINE (Opera Browser ID). Komunitas-komunitas ini sehari-harinya digawangi oleh seorang social media community manager. Saat ini, terdapat 30 juta pengguna aktif Opera Mini di Indonesia.

Opera memperlakukan komunitas sebagai partner yang posisinya setara. Oleh karena itu, semua masukan dan usulan dari para pengguna produk Opera adalah hal yang sangat penting, karena melalui masukan-masukan inilah Opera dapat terus melakukan inovasi teknologi dengan meluncurkan produk-produk dan updates yang sesuai dengan kebutuhan para pengguna.

"Kami selalu membuka pintu untuk bekerja sama dengan berbagai komunitas. Harapan kami adalah agar Opera dan komunitas-komunitas ini dapat berkolaborasi lebih baik untuk mengajak 1 milyar orang berikutnya di seluruh dunia untuk mendapatkan akses terhadap internet," ungkap Kooswardini Wulandari, Communication Manager OPERA Mediaworks Indonesia.

Sebab, bagi Opera, akses ke internet, seperti halnya pendidikan, yang dapat meningkatkan kualitas hidup seseorang dengan meningkatkan pengetahuan dan kemampuan mereka. Bagi Opera, co-creation adalah bentuk kerjasama yang sesuai dengan komitmen ini, yaitu membantu komunitas melalui akses ke inovasi atau sumber daya teknologi. Co-creation dapat dilakukan melalui berbagai cara, dan tergantung dari tujuan masing-masing komunitas. Peran Opera dalam kegiatan co-creation ini adalah untuk membantu memfasilitasi komunitas dalam mencapai tujuan mereka.

Di tahun 2013, melalui kampanye ‘Browse for Change’, Opera bekerjasama dengan Yayasan Cinta Anak Bangsa dengan membantu memasyarakatkan kegiatan-kegiatan YCAB ke masyarakat luas, untuk mendukung kelangsungan program-program YCAB. Dalam program ini Opera juga melakukan kegiatan volunteering, dimana dua orang staf Opera dari Oslo,Norwegia, datang ke Jakarta dan berbagi ilmu tentang teknologi kepada murid-murid yang bernaung di bawah YCAB.

"Sepanjang tahun 2013 – 2014, sebagai bentuk komitmen terhadap segmen pengguna produk Opera yang berasal dari kalangan anak muda, Opera bekerjasama dengan penyanyi Calvin Jeremy dan melakukan roadshow ke sekolah-sekolah dan komunitas-komunitas untuk mengkampanyekan pentingnya akses internet, seperti halnya pendidikan, terhadap peningkatan kualitas hidup seseorang," lanjutnya.

Di awal tahun 2015, Opera bekerjasama dengan Khasanah Foundation dan komunitas penggemar olahraga lari di kota Malang melalui kegiatan Opera Run for Charity. Selama beberapa tahun ini, Opera juga bekerjasama dengan beberapa komunitas, misalnya dengan komunitas pengguna Android (ID-Android) dan komunitas pengguna Windows phone (idWinPhone), serta melalui pertemuan-pertemuan dengan komunitas-komunitas lainnya dan individu-individu yang disatukan oleh minat yang sama, yaitu komitmen terhadap inovasi teknologi dalam kehidupan sehari-hari. Opera terus berinovasi dan bekerjasama dengan banyak pihak di Indonesia, bukan hanya dengan pelaku-pelaku industri dan partner bisnis, tetapi juga secara langsung dengan konsumen dan komunitas-komunitas.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Read previous post:
Giliran Indonesia Menjadi Tuan Rumah di Ajang “6th Asia Pacific Urban Forum”

Merujuk data yang dirilis oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), “2014 Revision of World Urbanization Prospect”, jumlah penduduk yang tinggal di perkotaan...

Close