Google Gandeng Gen Halilintar Kampanyekan Aplikasi Liburan

Pertengahan November ini, Google baru saja merilis Google App anyar yang memperkenalkan cara penelusuran tempat berlibur dan akomodasi yang mudah sesuai pilihan pengunjung. Untuk memperkenalkan aplikasi barunya itu, Google mengusung kampanye #LiburanDenganGoogle yang menggunakan endorser Keluarga Gen Halilintar yang tengah happening di dunia maya.

Melalui aplikasi itu, Google menyediakan fitur penelusuran informasi lokasi wisata, tiket transportasi ke tujuan, hotel, kuliner, dan lainnya yang bisa dipilih secara mudah dan cepat oleh pengguna melalui telepon pintar.

Mengapa Google menggandeng Gen Halilintar? Pertama, tentu karena Gen Halilintar adalah salah satu content creator terproduktif di kanal YouTube—termasuk 10 besar yang ditonton YouTubers Indonesia. Kedua, karena karena Gen Halilintar mewakili semua segmen usia. Ketiga, tentunya karena keluarga ini memiliki hobi travelling, sesuai dengan aplikasi baru yang akan diperkenalkan Google.

Nama Gen Halilintar melejit setelah kanal YouTube mereka yang berisi reality show tentang kehidupan sehari-hari keluarga besar dengan 11 anak (usia remaja dan anak-anak) ini dinikmati oleh jutaan orang—subscriber-nya per 15 Desember ini mencapai lebih dari 1,7 juta, sedangkan tayangan video-nya dilihat lebih dari dua juta view.

Gen Halilintar merupakan keluarga unik yang memposisikan dirinya sebagai sebuah keluarga edu-fashion-travel-digital-preneur. Anak-anak Gen Halilintar tidak bersekolah formal—melainkan home schooling, mereka diarahkan untuk berwirausaha sejak dini, dan dilatih untuk mengelola keluarga besar tanpa asisten rumah tangga! Sesuai dengan usia masing-masing, setiap anak keluarga Gen Halilintar memiliki tugas dan kewajiban tertentu di rumah: ada yang bertugas mengurus laundry seluruh anggota keluarga; ada yang bertanggung jawab terhadap kebersihan seluruh penjuru rumah, termasuk kolam renang; ada yang bertugas memasak dan menjaga ketersediaan pangan di meja; dan lain-lain. Beberapa anak bahkan sudah memiliki bisnis sendiri, seperti bisnis katering, dan bisnis video shooting.

Keluarga Gen Halilintar dikenal sebagai keluarga besar yang gemar berkeliling dunia sambil berbisnis. Mereka sekeluarga pernah menjelajahi belasan negara Eropa tanpa melibatkan travel agent, semua diurus sendiri. Pasangan Halilintar Anofial Asmid (49 tahun) dan Lenggogeni Faruk (45) memboyong kesebelas anaknya dalam setiap aktivitas mereka. Mereka mengusung tagline: “Feeling together, working together, traveling together, singing together, trading together, trending together .... till reaching our ultimate destination” untuk setiap aktivitasnya.

Dalam rangka mengkampanyekan aplikasi liburan Google, Gen Halilintar membuat video bertajuk "Berantem Sebelum Libur" yang diunggah di kanal Youtube Gen Halilintar. Pada video ini, mereka mengajak pengunjung untuk membantu menentukan pilihan kota yang harus dikunjungi lewat voting. Video tersebut ditonton oleh lebih dari 300 ribu pengunjung. Selain YouTube, Gen Halilintar juga menggunakan kanal Instagram. Tidak hanya akun keluarga besar yang populer, akun media sosial masing-masing anggota keluarga juga memiliki follower, dan subscriber ratusan ribu hingga jutaan.

Singkat cerita, melalui proses voting audience, terpilihlah Tiongkok sebagai destinasi liburan Gen Halilintar dalam rangka mengkampanyekan aplikasi liburan Google ini. Maka kemudian kegiatan liburan Gen Halilintar, dari mulai persiapan, pemberangkatan, sampai suasana dan berbagai kejadian di Tiongkok tak luput dari liputan kamera yang kemudian mereka unggah di kanal media sosial keluarga maupun kanal medsos anak-anak Gen Halilintar. Pada video liburan Gen Halilintar ini, keunggulan aplikasi liburan Google diperkenalkan dan didemonstrasikan.

Video berjudul "Liburan Terburuk Gen Halilintar" di kota Hainan yang didera badai taifun ditonton oleh 359.034 views, dengan jumlah komentar lebih dari 1259, dan 15.000 like. Video ini disisipi iklan Lazada, Blibli.com, Supersale, Tiket.com, dan Traveloka. Sementara video Gen Halilintar “Berantem Sebelum Liburan, Bantuin Dong” sampai 15 Desember kemarin dilihat oelh 336.554 views dan disukai oleh 17 ribu. Adapun video “Anak Banyak Part-2” ditonton 772.858 views dengan 32.000 like. Video-video lain yang diunggah di masing-masing akun media sosial anak-anak Gen Halilintar juga mendapat respon yang baik dari para netizen. Menggunakan hashtag #LiburanDenganGoogle, video liburan Gen Halilintar bersama Google ini juga menjadi viral di media online dan infotainment.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)