Kampanye #AdaAqua dari Danone

Pada 2015 kampanye #AdaAqua cukup booming, baik melalui media digital maupun konvensional (TV). Dengan menampilkan sosok musisi Sandhy Sandoro dan pelawak Narji, kampanye #AdaAqua terbilang berhasil memperkuat positioning Aqua sebagai top brand produk air mineral dalam kemasan (AMDK).

Pesan komunikasi kampanye #AdaAqua sebenarnya sederhana saja, yaitu mengajak orang untuk sadar akan pentingnya minum air putih untuk menunjang aktivitas. Namun pesan ini semakin diperkuat dengan hasil penelitian yang menyebut bahwa kurang minum dapat menurunkan konsentrasi dan fokus seseorang. Pesan kampanye ini menjadi sangat relevan bagi konsumen.

Meski produk Aqua menyasar semua kalangan, namun kampanye #AdaAqua menyasar segmen anak muda. Alasannya bukan karena ingin merejuvenasi merek Aqua yang terbilang 'brand tua', tetapi melalui kampanye ini Danone Aqua ingin lebih relevan ke target grup-nya, yaitu salah satunya kalangan millenials.

Dalam eksekusinya, kampanye #AdaAqua dikemas dengan cara yang fun dan kekinian. Selain gencar melakukan engagement lewat social media dengan menggunakan hashtag #AdaAqua, kampanye ini juga menggelar aktivasi on ground dengan mengajak audiens melakukan tes konsentrasi dan fokus. Aktivitas tes kosentrasi dengan #AdaAqua Mindware Vending Machine bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya asupan air yang cukup bagi tubuh, guna mendukung segala aktivitasnya.

Sukses kampanye #AdaAqua dilanjutkan kembali pada 2016 lewat sponsorship peluncuran film Ada Apa Dengan Cinta 2. Objektifnya antara lain untuk meningkatkan loyalitas merek dengan masuk ke komunitas dan fans base yang diganderungi banyak orang dan memiliki ikatan emosional yang tinggi. Danone Aqua pun menggandeng pemeran Rangga dan Cinta dalam film itu, yaitu Nicholas Saputra dan Dian Sastro untuk kembali mempopulerkan kampanye #AdaAqua melalui iklan TV, yaitu kampanye yang memiliki pesan untuk melawan dehidrasi.

Kampanye Pemasaran Danone Aqua lewat hashtag #AdaAqua berhasil menarik perhatian konsumen Indonesia dan terbukti sukses meningkatkan penjualan Aqua, bahkan 30% lebih besar dari target awal. Melalui berbagai kuis dan iklan, kampanye #AdaAqua juga sukses meningkatkan brand recognition-nya.

Selain itu, hashtag #AdaAqua di Indonesia telah digunakan lebih dari 450.000 di social media, dan merupakan trending topic ber-merek pertama di Indonesia! Strategi buzz marketing ini menunjukkan kekuatan hashtag dalam kegiatan pemasaran, yang mampu secara instan dan real time untuk menghubungkan dan meng-update topic atau post yang serupa dan berhubungan. Sementara, hasil survei online dari Mars Indonesia tentang kolaborasi iklan AADC2 dengan #AdaAqua menunjukkan bahwa ada 71% responden yang telah melihat iklan #AdaAqua versi AADC 2 dan ingin membeli Aqua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Read previous post:
Riset Yang Bagaimana yang Berkembang di Era Disruptive

  Anda percaya bahwa tidak ada satu pun bisnis yang tidak menghadapi masalah “disruption”? Jangankan perusahaan kecil, perusahaan yang kuat...

Close