Kampanyekan Kesetaraan Gender, Kecap ABC Hadirkan “Akademi Suami Sejati”

Kecap ABC memberikan dukungannya pada isu kesetaraan gender melalui kampanye “Suami Sejati Mau Masak, Terima Kasih Perasan Pertama”. Lewat kampanye itu, Kecap ABC mengajak para suami Indonesia untuk setara dengan istri dimulai dari dapur, tentunya dengan Kecap ABC yang membuat masakan lebih mudah dan enak.

Kampanye tersebut berangkat dari fakta bahwa Indonesia merupakan salah satu negara dimana lebih dari 75 persen pekerjaan rumah tangga dibagikan antara suami dan istri (studi HILL ASEAN 2018), yang notabene tolok ukur dari kesetaraan gender. Akan tetapi, studi yang sama juga mengindikasikan bahwa pekerjaan rumah tangga yang paling rendah dibagikan antara pasangan suami istri adalah memasak, yakni hanya 3 dari 10 suami yang membantu istri di dapur. Artinya, memang keseteraan gender telah berlaku di Indonesia, tetapi tidak di dapur.

Diungkapkan Dhiren Amin, Head of Marketing SEA Kraft Heinz, “Kecap ABC adalah merek bagi para Ibu dan percaya bahwa kami memiliki tanggung jawab utama untuk mengutamakan para Ibu. Dan, kami juga memahami pentingnya para suami di rumah untuk mengutamakan istri dengan memperlakukan mereka dengan setara, termasuk di dapur. Kampanye ini adalah langkah pertama mencapai objektif itu, yakni dengan memberitahu para suami untuk membantu di dapur sementara Kecap ABC membantu mereka memasak masakan yang kaya rasa.”

Kampanye tersebut dimulai dengan iklan TV yang bercerita tentang anak kecil yang mengingatkan ayahnya akan semua pekerjaan yang dilakukan ibu dari membersihkan rumah, menjaga anak, hingga memasak. Selanjutnya, melalui kampanye itu, Kecap ABC juga mengajak para suami untuk bergabung dengan “Akademi Suami Sejati”, sebuah wadah untuk para suami agar dapat belajar dari tips dan trik resep Perasan Pertama dalam perjalanan menjadi pasangan yang setara di dapur.

Inisiatif kecap ABC tersebut ternyata mendapat dukungan dari Aliansi Laki-Laki Baru, sebuah aliansi dari beberapa organisasi non-pemerintah yang melibatkan laki-laki untuk kesetaraan gender. Kolaborasi keduanya akan menghadirkan gerakan yang mengajak para pasangan suami-istri dan komunitas suami di tiga kota--yaitu Bandung, Semarang, dan Malang--untuk memberikan tutorial memasak dengan resep perasan pertama yang membantu mereka menjadi suami sejati dan memasak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)