Mengintip Program Employer Branding Bukalapak

Menjadi perusahaan atau tempat kerja impian bagi calon karyawan sejatinya merupakan salah satu parameter positif untuk reputasi perusahaan. Oleh karena itu, employer branding menjadi salah satu cara perusahaan dalam membangun citra atau reputasi kepada calon karyawan.

Sebagai startup lokal yang sudah masuk kategori Unicorn, Bukalapak menyadari akan pentingnya employer branding. Oleh karena itu, sejak 2016 lalu, Bukalapak telah menggelar program BukaBeasiswa dan program BukaMagang untuk segmen mahasiswa--yang notabene merupakan calon karyawan. Selanjutnya, pada tahun 2018 ini, Bukalapak juga telah menggelar BukaFigur.

Dijelaskan Head of Talent Management Bukalapak Engelbertus Panggalo, "Ketiga program tersebut, selanjutnya pada tahun ini diintegrasikan dalam satu payung program BukaPotensi. Program BukaPotensi ini merupakan salah satu cara kami untuk mendekatkan diri kepada talenta-talenta muda, dalam hal ini segmen mahasiswa yang merupakan calon karyawan. Melalui program ini, kami juga ingin memperkenalkan Bukalapak sebagai tempat kerja yang keren."

Lebih lanjut ia menerangkan, di program BukaBeasiswa, Bukalapak telah menggelarnya sejak tahun 2016. Dan, tahun ini, memasuki tahun ketiga dengan jumlah pendaftar mencapai 2.700. "Program BukaBeasiswa ditujukan untuk mahasiswa di seluruh Indonesia yang mempelajari bidang teknologi informasi, karena ini sejalan dengan perusahaan kami yang memang berbasis Teknlogi Informasi," ujarnya.

Di tahun ketiga ini, BukaBeasiswa berhasil memilih 50 mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia untuk mengikuti tes offline. Sebelumnya, mereka harus melalui proses seleksi administrasi dan tes online.

"Dari ke-50 finalis ini, akan dipilih pemenang yang berhak memperoleh beasiswa berupa biaya kuliah dan uang saku selama satu tahun serta program pelatihan sekaligus pengembangan diri. Termasuk, kesempatan untuk bergabung dan bekerja di Bukalapak. Tahun 2016, ada 8 orang yang berhasil mendapatkan beasiswa dan 13 orang di 2017. Dari mereka yang lolos, ada beberapa yang akhirnya menjadi karyawan Bukalapak," papar Engel.

Sementara itu, di program BukaMagang, Bukalapak telah memberikan kesempatan untuk mahasiswa untuk magang bekerja. "Mereka juga kami haruskan untuk membuat final presentasi pada periode akhir magang. Bahkan, kami juga membuat event untuk para peserta magang agar mereka bisa saling kenal," ia bercerita.

Paling anyar dari program BukaPotensi adalah BukaFigur. Menurut Engel, pada program BukaFigur, Bukalapak akan memilih sejumlah mahasiswa berprestasi yang akan menjadi agen atau perwakilan Bukalapak di kalangan mahasiswa. "Tahun ini, ada 10 mahasiswa yang terpilih sebagai representasi Bukalapak lewat program BukaFigur," tuturnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)