Strategi Youvit Jajaki Pasar Multivitamin

Seiring dengan bertumbuhnya kesadaran masyarakat akan gaya hidup sehat, maka pasar vitamin atau multivitamin di Indonesia pun mengalami pertumbuhan. Salah satunya ditandai dengan bertumbuhnya belanja iklan di kategori farmasitikal, di mana multivitamin ada di dalamnya. Studi Nielsen menunjukkan bahwa sepanjang tahun 2017, belanja iklan farmasitikal mencapai Rp 10,4 triliun. Itu artinya, tumbuh 10% jika dibandingkan tahun 2016.

Tak heran, jika Youvit memutuskan untuk memasuki pasar multivitamin di Indonesia. Segmen orang dewasa pun dipilih Youvit sebagai langkah awal memasuki pasar multivitamin di Tanah Air. Dikatakan Wouter Van Der Kolk, CEO Youvit, “Youvit merupakan multivitamin gummy pertama untuk orang dewasa di Indonesia. Dengan bentuk gummy, membuat multivitamin ini mudah dikonsumsi di mana dan kapan saja, tanpa memerlukan air putih.”

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa Youvit menggunakan resep dari Amerika dengan bahan-bahan berkualitas dan sudah diuji coba di Singapura. “Saat ini, kami melakukan produksi di pabrik Youvit di Bogor. Dan, kami sudah melakukan uji coba di market pada April 2017 lalu, di sejumlah toko-toko farmasi seperti Watsons, Guardian, Apotek Roxy, Viva Apotek, dan Apotek K24. Termasuk, di berbagai supermarket dan situs belanja online seperti Lazada, Elevenia, Blibli.com, serta Bukapalak,” paparnya.

Ditambahkan Youvit Expert, Esther Dewi Natalia yang akrab disapa Bintang, Youvit mengandung 10 vitamin dan 2 mineral. “Dengan komposisi yang tidak berlebihan, gummy Youvit baik dikonsumsi setiap hari. Formula Youvit juga mengandung Angka Kecukupan Gizi yang sudah direkomendasikan oleh Kementerian Kesehatan dan BPOM,” tegasnya.

Setahun pasca uji coba di market, diakui Wouter, respon pasar akan Youvit sangatnya bagus. “Oleh karena itu, pada hari ini (30/4), kami memutuskan untuk melakukan grand launching. Selama setahun ini pula, kami memperkuat distribusi ke berbagai modern channel, seperti Ranch Market, Farmers Market, SuperIndo, dan sebagainya. “Ke depan, Youvit juga akan hadir di hypermarket seperti Carrefour, Giant, dan Hero. Bahkan, kami berencana hadir di jaringan minimarket,” ungkapnya.

Guna memperkenalkan Youvit di pasar, sejumlah strategi dilancarkan. Pertama adalah dengan melakukan pendekatan Public Relations (PR) melalui media dan influencer. Untuk influencer, Youvit menggandeng sejumlah influencer seperti Tanya Larasati, seorang entrepreneur sekaligus young mom blogger, serta Albern Sultan yang merupakan Sport TV Host & Adventure Traveler.

“Selain itu, kami juga menggelar program offline seperti in-store promotion dan mensponsori berbagai event-event gaya hidup dan kesehatan. Semua kampanye Youvit, kami kemas dalam format gaya hidup yang sehat dan energik. Ke depannya, Youvit juga akan menggelar kampanye di televisi,” ujar Bintang yang menargetkan dalam setahun ke depan, setiap rumah di Indonesia mengkonsumsi Youvit satu box setiap bulannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)