Mengukur Efektivitas Strategi Sport Marketing Indofood

Sport marketing menjadi salah satu strategi yang dipilih PT Indofood Sukses Makmur Tbk. Bagi Indofood, sport marketing terhitung efektif dalam membangun brand. Oleh karena itu, setelah resmi mensponsori sejumlah event olahraga seperti lari, bulutangkis, dan sepak bola, paling anyar Indofood mensponsori perhelatan olahraga terbesar kedua di dunia, Asian Games 2018.

Tak tanggung-tanggung, Indofood memutuskan untuk memilih paket sponsorship senilai US$ 10 juta pada Asian Games 2018. Dengan demikian, Asian Games berhak memperoleh keistimewaan sebagai Official Partner. Sebelumnya, Indofood resmi mensponsori tujuh klub sepak bola di Indonesia pada musim liga tahun ini. Ketujuh klub tersebut adalah Persib, Bali United, PSMS Medan, PSIS Semarang, PSS Sleman, Arema, dan Celebest.

Diakui General Manager Marketing Division Mie Instan Julia Atman, keputusan Indofood memanfaatkan strategi sport marketing, karena selama ini strategi tersebut tercatat sangat efektif bagi kinerja brand-brand Indofood. "Setiap kali kami melancarkan sport marketing, kami selalu mengukur efektivitasnya melalui brand health tracking, yang di dalamnya ada penilaian consumer engagement maupun brand awareness. Hasilnya selalu sangat efektif bagi brand-brand Indofood," yakinnya.

Serangkaian aktivasi pemasaran sudah dipersiapkan Indofood untuk memanfaatkan momentum Asian Games 2018 yang siap digelar pada 18 Agustus hingga 2 September 2018 di Jakarta dan Palembang. Dipaparkan Firman Authar, Head of Consumer Engagement Corporate Marketing, "Aktivasi sudah kami gelar sejak April 2018 dengan umbrella campaign 'Satukan Tekad dan Semangat Indonesia'. Berbagai kanal komunikasi kami gunakan dalam mengeksekusi kampanye tersebut. Mulai dari aktivasi merek, Public Relations (PR) lewat pendekatan ke media, TV Commercial, digital, hingga media sosial."

Untuk aktivasi jelang Asian Games 2018 misalnya, Indofood berpartisipasi pada pawai obor atau Torch Relay Asian Games 2018. Dalam rangkaian acara yang digelar oleh Indonesia Asian Games Organizing Committee (INASGOC) tersebut, Indofood akan berpartisipasi di 7 rute dalam 6 kota di Indonesia, yakni Malang (20/7), Denpasar (24/7), Makasar (29/7), Palembang (4/8), Bandung (1 1/8), Jakarta Timur (15/8) dan rute khusus Monumen Nasional - Stadion GBK, Jakarta (18/8).

"Dipilihnya keenam kota tersebut karena Indofood memiliki pabrik di sana. Selain itu, klub sepak bola yang kami dukung pada liga musim ini juga berada di enam kota tersebut. Pada pawai obor ini, kami akan melibatkan para atlet pesepakbola dari tiga klub ternama di Indonesia yakni Bali United, Arema FC, dan Persib Bandung. Selain itu, ada juga perwakilan dari masyarakat, dalm hal ini mereka yang terpilih dari warganet yang sudah mengekspresikan dukungannya untuk tim nasional melalui microsite www.lndofoodSatukan.com. Kami juga melibatkan dua public figure muda yaitu Sheila Dara Aisha dan Endy Arfian sebagai representasi generasi muda Indonesia. Bahkan, kami juga melibatkan karyawan Indofood sebagai wujud apresiasi kami kepada karyawan," ujar Julia.

Lantas, brand apa saja yang bakal diusung Indofood di sepanjang Asian Games 2018? Ada tiga brand yang siap diusung Indofood, yakni Pop Mie, Indomilk, dan Indomie. Oleh karena itu, urai Julia, Indofood juga memperkenalkan produk baru dari Pop Mie dan Indomie kemasan khusus bertema Asian Games. "Kami merilis tiga varian baru Pop Mie yang namanya disesuaikan dengan tema olahraga, yakni Pop Mie rasa Ayam Lari, Ikan Renang, dan Bakso Tenis," ucapnya.

Sementara itu, ditambahkan General Manager Marketing Indomilk Divisi Dairy Vanda Ratana, keterlibatan Indomilk sebagai produk susu bergizi dalam perhelatan akbar ini merupakan gambaran dari banyaknya persamaan personality antara Indomilk dengan ajang Asian Games 2018.

"Pada kesempatan ini, Indomilk meluncurkan produk baru berupa susu multisereal Good to Go yang dapat memberikan energi bagi tim nasional untuk mendukung prestasi gemilang saat mewakili Indonesia. Selain itu, Indomilk juga meluncurkan kemasan Asian Games yang didukung oleh permainan augmented reality yang seru untuk anak-anak dan remaja dalam mendukung kesuksesan pesta Olah raga terbesar di Asia ini," Vanda menutup.

  (Simak kupasan mendalam "Sport Marketing-Asian Games dan Piala Dunia 2018" pada cover story Majalah Mix edisi Juli/Agustus 2018)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)