Patok Kenaikan Double Digit, Begini Strategi Watsons di 2017

Menginjak usianya yang ke-11, tahun ini Watsons Indonesia menggelar aktivasi bertajuk #URTheSpecialOnes. Tema tersebut dipilih lantaran pada perayaan hari ulang tahun (HUT) kali ini, Watsons melibatkan pelanggan, komunitas, selebritis seperti Cherrybelle, hingga para influencer beauty & health. Tak kurang dari 18 influencer beauty & health terlibat dalam perayaan ulang tahun Watsons yang digelar selama enam hari, 4-10 September 2017, di Mal Kelapa Gading 3, Jakarta.

Dijelaskan Lilis Mulyawati, Presiden Direktur Watsons Indonesia, "Ada banyak rangkaian kegiatan yang kami gelar selama HUT ke-11 ini. Antara lain, kegiatan beauty class, diskon gila-gilaan hingga 72 persen, lucky draw dengan grand prize 1 unit Vespa GTS, hingga peluncuran eCommerce kami, www.watsons.co.id."

Diakui Lilis, persaingan di industri ritel, termasuk ritel health & beauty makin ketat. Kebiasaan konsumen Indonesia dalam berbelanja pun telah bergeser ke online. Oleh karena itu, hari ini (9/9) Watsons memutuskan untuk secara resmi merilis Watsons Online guna memenuhi kebutuhan konsumen Indonesia.

"Sebelumnya, kami juga sudah bekerja sama dengan marketplace seperti Lazada, Shopee, Go-Jek, hingga Halo Doc untuk menjawab perubahan perilaku konsumen dalam berbelanja. Harapannya, pada tahun ini dan tahun depan, Watsons Online dapat menyumbang 10% dari total omset Watsons Indonesia," patoknya.

Tak hanya menghadirkan eCommerce, demi memenangkan pertarungan dan mencapai pertumbuhan double digit di akhir tahun 2017 ini, diungkapkan Lilis, Watsons juga melakukan re-launching gerainya. "Gerai fisik Watsons yang saat ini mencapai 71 gerai di daerah Jawa dan Bali, kami re-lay out display-nya menjadi lebih dinamis. Bahkan, seragam pun kami ubah model dan warnanya, dari yang sebelumnya abu-abu menjadi hijau," ujarnya.

Untuk gerai fisik atau offline, diakui Lilis, masih akan berkontribusi cukup besar ke depannya. Oleh karena itu, untuk gerai fisiknya itu, Watsons masih akan berinvestasi dengan menambah gerainya. "Sampai akhir tahun ini, kami targetkan jumlah gerai mencapai 85 gerai. Sementara itu, pada awal tahun depan, kami akan ekspansi ke daerah Kalimantan dan Sulawesi dengan menghadirkan 30 gerai di sana," lanjut Lilis, yang mengklaim bahwa Watsons mampu tumbuh double digit di tahun 2016 lalu. Itu artinya, tumbuh di atas pertumbuhan pasar yang hanya mampu tumbuh single digit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)