Strategi Amway Menggarap Pasar Penyaring Udara untuk Kendaraan

Kendati kondisi ekonomi dan pasar otomotif sedang tidak bersahabat, namun penjualan mobil di Indonesia masih mengalami kenaikan tipis, yakni tumbuh 1,6% di tahun 2017 lalu. Jika tahun 2016 penjualan mobil mencapai 1,06 juta unit, maka pada tahun 2017 penjualan mobil menyentuh 1,079 juta unit. Demikian data yang dirilis oleh Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia).

Masih tingginya penjualan mobil di Tanah Air tentu menjadi pasar potensial bagi bisnis pendukung. Di antaranya, produk penyaring udara untuk kendaraan (mobil). Hal itu dapat dilihat dari sejumlah brand—baik dari Jepang hingga Amerika—yang tampak massif bertarung di sana. Indikasi lain bahwa sektor tersebut tercatat menjanjikan adalah mulai adanya kesadaran akan gaya hidup sehat, antara lain ingin menikmati udara yang bebas polutan.

Adalah Amway--perusahaan penjualan langsung asal Amerika yang menyediakan berbagai produk kecantikan, kesehatan, dan peralatan rumah tangga—turut bertarung di pasar produk penyaring udara untuk kendaraan. Pada awal Maret ini, Amway resmi memperkenalkan merek Atmosphere Drive. “Sebelumnya, kami telah memperkenalkan produk penyaring udara untuk bangunan atau rumah dengan merek Atmosphere,” jelas Dharmaparayana Sthirabudhi, Head of Marketing Amway Indonesia.

Sebagai pendatang baru, diakui Dharma, Amway tentu harus memiliki strategi dalam menggarap pasar di kategori produk penyaring udara untuk kendaraan. Langkah pertama adalah menetapkan segmen pasar yang ingin dibidik. “Untuk Atmosphere Drive, kami membidik segmen pasar yang memiliki kesadaran akan pentingnya kualitas hidup (quality of life),” ungkapnya.

Langkah kedua adalah mengedepankan kualitas produk sebagai added value dari Atmosphere Drive. Ditambahkan Austin Teerman, Associate Engineer Product Design Durables R&D, Atmosphere Drive memiliki teknologi filtrasi, yakni Filter three-in-one yang unik, yang secara efektif dapat menyingkirkan 99% partikel di udara, hingga yang berukuran PM 2.5.

“Selain itu, Atmosphere Drive juga dapat bekerja membersihkan udara hanya dalam 5 menit dengan jangkauan kapasitas hingga 30 meter kubik atau setara dengan 25 seat. Bahkan, Atmosphere Drive merupakan yang pertama dan satu-satunya yang telah bersertifikat Allegry UK yang reputasinya sudah diakui di 135 negara dan 100 perusahaan di dunia,” tegas Austin.

Langkah ketiga adalah melancarkan strategi komunikasi yang efektif. Di antaranya, melalui pendekatan Public Relations (PR) dengan melakukan edukasi kepada media-media di Indonesia. “Kami percaya bahwa media memiliki share of voice yang sangat tinggi dan mampu dipercaya oleh masyarakat. Oleh karena itu, edukasi kepada media kami lakukan lewat press conference yang dikemas dalam format experiential event. Antara lain, lewat mengajak media utnuk mengetes langsung produk Atmosphere Drive di dalam mobil, serta mengundang media untuk melakukan product review,” papar Dharma.

Upaya komunikasi dan edukasi juga dilakukan Amway kepada komunitas. Dalam hal ini adalah komunitas Amway yang kini terdiri dari 300 ribu member yang tersebar di seluruh Indonesia. “Komunitas Amway menjadi salah satu kekuatan kami karena mereka percaya akan kualitas dari produk Atmosphere Drive,” Dharma meyakini.

Langkah keempat adalah memanfaatkan digital channel, termasuk media sosial yang dimiliki Amway. Langkah ini menjadi penting karena tingkat penetrasi sekaligus konsumsi digital dan media sosial di Indonesia tercatat sangat tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)