Strategi Edukasi Nexcare Menangkap Peluang Pasar Masker

Meski sebagian besar masih dikuasai produk tanpa merek, potensi pasar masker kesehatan dinilai masih sangat besar. Pasalnya, kebanyakan konsumen belum menyadari pentingnya menggunakan masker untuk melindungi kesehatan sekaligus jenis produk masker seperti apa yang tepat digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

Strategi Edukasi Nexcare Menangkap Peluang Pasar Masker

Yunadi Aulia Desmawan - Business Manager Consumer Health Care Market PT 3M Indonesia dan Stephanie Gunawan - Brand Manager NexcareTM PT 3M Indonesia saat mendemonstrasikan cara penggunaan masker yang tepat.

“Saat ini, pasar masker kesehatan memang sebagian besar dikuasai produk unbranded, yang hampir semua produknya tidak berfungsi untuk perlindungan, tetapi hanya sebagai penutup hidung dan wajah. Sementara, untuk produk masker kesehatan yang resmi bermerek baru sekitar 3-5 merek yang beredar di pasar, salah satunya Nexcare,” ungkap Yunadi Aulia Desmawan, Business Manager Consumer Health Care Market PT 3M Indonesia.

Di antara 3-5 merek masker tersebut, ia mengklaim bahwa Nexcare adalah satu-satunya merek masker kesehatan yang serius menggarap pasar ritel. “Untuk distribusi produk Nexcare, kami memang fokus di channel ritel seperti Alfamart, Indomart, Tiptop, termasuk gerai apotek modern. Sejauh ini, segmen konsumen terbesar kami adalah pengguna commuterline.”

Setiap tahunnya, rata-rata pertumbuhan bisnis Nexcare konsisten sebesar 20%. Namun, sampai saat ini, menurut Desmawan, tantangan terbesar Nexcare adalah mengedukasi konsumen untuk memilih produk masker kesehatan yang tepat. Untuk itu, Nexcare rutin menggelar program edukasi melalui SPG di point of sales.

“Kami ingin mengedukasi bahwa tidak semua masker itu sama. Masker yang unbranded jelas tidak memiliki filtrasi sehingga sama sekali tidak berfungsi untuk melindungi kesehatan konsumen. Bahkan masih banyak juga konsumen yang menggunakan masker hingga berhari-hari, padahal yang benar adalah hanya sekali pakai. Untuk itu, kami join force dengan partner ritel kami terkait penggunaan masker yang tepat,” tutur Desmawan.

Setelah menghadirkan produk masker daily filtration, masker triple filtration, masker motor, dan masker respirator, Juli 2017 ini Nexcare kembali menghadirkan produk terbarunya, masker karbon. Masker terbaru dari kategori Extra Filtration tersebut hadir dengan empat lapisan filter. Pengguna komuter dan pengendara menjadi target utama produk ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Read previous post:
76% Pemasar Indonesia akan Naikkan Belanja Digital Marketing di 2017

Indonesia's Digital and Content Marketing Report in 2017 baru saja merilis sejumlah temuan menariknya. Temuan pertama adalah pemasar Indonesia membelanjakan...

Close