Targetkan 22% Pangsa Pasar AC di 2017, Apa Strategi yang Disiapkan SHARP?

jaya-suprana-menyerahkan-peghargaan-rekor-muri-kepada-fumihiro-irie-presiden-direktur-pt-seid Tahun ini, produk AC (Air Conditioner) SHARP telah menguasai 16% pasar AC nasional. Tahun depan, 2017, SHARP optimis dapat menaikan market share-nya menjadi 22%. Untuk mencapai target tersebut, tentu SHARP perlu merancang strategi jitu. Mengingat, kompetitornya di pasar elektronik, tidak akan tinggal diam. Mereka juga akan massif menggarap pasar AC di Indonesia. Lantas, apa yang dilakukan SHARP untuk mencapai target tersebut? Dijawab Fumihiro Irie, Presiden Direktur PT SHARP Electronics Indonesia, ada tiga strategi kunci yang sudah dan akan dijalankan SHARP di tahun ini. Pertama, SHARP melengkapi produk-produk Air Conditioner-nya dengan beragam fitur yang dibutuhkan oleh konsumen Indonesia. Antara lain, fitur Jetstream,sebuah mode pendinginan cepat yang mampu mendinginkan suhu ruangan 5°C dalam waktu hanya 5 menit. Fitur lainnya adalah Coanda, yaitu Mode Gentle Cool Air yang menghantarkan udara dingin ke atas melalui plafon guna melindungi anak-anak dan orang lanjut usia kedinginan karena terkena hembusan udara dingin secara langsung. Kemudian, ada Fitur Best Sleep Mode yang dapat mengatur suhu ruangan pada saat konsumen tidur, dan teknologi Plasmacluster yang hanya dimiliki oleh SHARP. “Melalui inovasinya, SHARP selalu memenuhi himbauan pemerintah Indonesia untuk berkontribusi positif terhadap kesehatan dan lingkungan. Seperti menaati peraturan dengan mengganti bahan pendingin R-32 dan menerapkan Energy Efficiency Ratio (EER) yang merupakan peraturan pemerintah Indonesia guna menurunkan emisi global dan mengurangi penggunaan cadangan listrik negara terhadap penggunaan produk elektronik, khususnya pada produk AC. Itu artinya, selain hemat listrik, SHARP pun telah mengajak konsumen untuk ikut berpartisipasi dalam menjaga lingkungan dan bumi,” tambah Herdiana Anita Pisceria, Product Planning General Manager PT SHARP Electronics Indonesia. Strategi kedua adalah meningkatkan layanan purna jual SHARP, dengan cara terus mendampingi konsumennya melalui kinerja pusat layanannya. Mulai dari layanan dalam memberikan informasi mengenai pengetahuan produk, perbaikan, hingga perawatan produk. Salah satu layanan yang baru saja digelar SHARP adalah kampanye bertajuk “1000 AC Cleaning Project”. Program cuci-bersih AC di rumah konsumen secara gratis itu merupakan apresiasi SHARP terhadap dukungan seluruh masyarakat Indonesia selama lebih dari 45 tahun keberadaannya di Indonesia. Program tersebut digelar di Pulau Jawa dan Sumatra mulai 17 Agustus hingga 21 September 2016 lalu. Demi menjaring partisipan untuk turut terlibat pada kampanye itu, SHARP memanfaatkan media sosial miliknya, seperti Facebook, Instagram, dan Twitter. “Kampanye dilaksanakan di lima kota besar di pulau Jawa dan Sumatera, yakni Jakarta, Surabaya, Batam, Pekanbaru, dan Medan. “Kami memilih pulau Jawa dan Sumatera, karena memang kedua pulau itu merupakan basis pengguna AC terbanyak SHARP. Bersamaan dengan peluncuran kampanye itu, kami pun meluncurkan armada baru Sharp Mobile Service Station dengan desain lebih compact, hingga mampu menjangkau daerah-daerah pelosok Indonesia,“ jelas Ronald R. Huwae, Customer Satisfaction General Manager PT SHARP Electronics Indonesia. Strategi ketiga, SHARP menawarkan beragam kemudahan bagi konsumennya untuk memiliki produk SHARP. Antara lain, dengan cara memberikan beragam promo penjualan yang menarik dan menguntungkan di saat program “SHARP Fresh Living Exhibition”. Program tersebut digelar selama empat hari, dimulai tanggal 22– 25 September 2016 di area Food Society, Mal Kota Kasablanka Jakarta. “Sejatinya, pameran itu merupakan sarana SHARP untuk mendekatkan diri dengan para konsumen setianya. Beragam penawaran menarik juga kami tawarkan untuk setiap pembelian unit AC SHARP, yaitu Cashback sampai Rp 500 ribu, Gratis 3x Cuci AC dalam 1 tahun selama pembelian AC di bulan September 2016, Gratis pasang AC untuk setiap pembelian AC di gerai Electronic Solution di daerah Jabodetabek, serta hadiah langsung berupa ratusan merchandise menarik dari SHARP selama pameran berlangsung,” tutup Ronald.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Read previous post:
Program “Boot Camp 2016” di Perayaan Ulang Tahun MM Usakti

Dalam rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun ke-25, MM Universitas Trisakti (Usakti) menggelar program Boot Camp 2016 bertajuk “Developing Great Leader...

Close