Belanja Iklan Telko Semester I 2016 Tembus Rp 2,5 Triliun, Siapa Merek Paling Boros?

Dari total belanja iklan telekomunikasi (telko) pada semester pertama 2016 yang mencapai Rp 2,5 triliun, Telkomsel masih menjadi merek yang paling banyak menggelontorkan dana untuk mengkampanyekan mereknya lewat iklan TV dan media cetak, yakni hampir separuhnya, 44%. Pada periode itu, Telkomsel mengeluarkan dana sebesar Rp 681,3 miliar. Demikian data yang dirilis Nielsen tentang belanja iklan nasional pada semester I 2016. IMG_20160818_50199 Posisi kedua diisi oleh Indosat Ooredoo. Pada periode itu, Indosat berkontribusi sebesar 22% terhadap total belanja iklan telekomunikasi atau sebesar Rp 340 miliar. Selanjutnya, diikuti oleh XL yang selisih belanja iklannya tak jauh dengan Indosat Ooredoo, yakni sebesar Rp 276,9 miliar atau 18%. Di posisi keempat, ada Smartfren dengan porsi 10% terhadap belanja iklan telekomunikasi atau sebesar Rp 147 miliar. Berikutnya, diikuti oleh Hutchison 3 sebesar Rp 62,2 miliar atau 4%-nya dan paling bontot merek Bolt dengan belanja iklan sebesar Rp 26,9 miliar atau 2%-nya. Lantas, kampanye apa saja yang dikomunikasikan keenam merek telekomunikasi tersebut? Telkomsel dengan belanja iklan Rp 681,3 miliar ternyata paling banyak mengkampanyekan 4G-LTE yang menghabiskan dana iklan Telkomsel sebesar Rp 269,1 miliar. Selanjutnya, Telkomsel mengkampanyekan internet Rp 8,2 miliar dan paket Loop Telkomsel--yang menyasar segmen youth--sebesar Rp 2,2 miliar. Indosat Ooredoo justru mengkampanyekan Paket Freedom Combo-nya sebesar Rp 142,5 miliar dari total belanja iklan Indosat yang sebesar Rp 341 miliar. Sedangkan 4G-LTE Indosat Ooredoo diiklankan dengan dana Rp 0,3 miliar dan internet Rp 0,2 miliar. Dari total belanja iklan Rp 276,9 miliar yang digelontorkan XL, Rp 100,9 miliar dikeluarkan untuk iklan Combo Extra. Selanjutnya, diikuti kampanye internet XL sebesar Rp 15,2 miliar dan iklan XL 4G-LTE sebesar Rp 0,8 miliar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Read previous post:
Begini Gairah Belanja Iklan Telekomunikasi dalam Lima Tahun Terakhir

Sepanjang semester pertama 2016, total belanja iklan nasional mampu mencapai angka Rp 67,7 triliun. Itu artinya, tumbuh sebesar 18% jika...

Close