Ini Lima Hal yang Paling Dikhawatirkan Konsumen Indonesia

Tingkat kepercayaan konsumen Indonesia pada kuartal keempat (Q4) 2015, yang baru saja dirilis Nielsen, rupanya masih menunjukkan optimisme yang cukup tinggi. Terbukti, dengan perolehan angka 115, Indonesia sanggup menjadi 3 teratas negara yang paling optimis di dunia. Tak mengherankan, jika pada kuartal tersebut juga lebih banyak konsumen Indonesia yang percaya bahwa masa resesi akan berakhir dalam satu tahun ke depan, yaitu sebesar 43%, dibandingkan dengan kuartal sebelumnya (Q3 2015) yang sebesar 37%.

IMG_20160204_43431

Hingga Q4 2015, konsumen Indonesia juga masih optimis akan prospek lapangan kerja dalam 12 bulan ke depan, yang naik dari 64% menjadi 68% dibandingkan dengan kuartal sebelumnya. Konsumen Indonesia optimis akan kondisi keuangan pribadi yang meningkat dari 64% menjadi 66%. Hanya saja optimisme mengenai keinginan atau niat untuk berbelanja dalam 12 bulan ke depan menurun dari 49% menjadi 45%. Ini artinya, buying power masih menjadi ancaman para pelaku bisnis di Indonesia.

Sayangnya, optimisme masyarakat Indonesia tak berbanding lurus dengan fakta industri yang terjadi pada awal tahun 2016 ini. Pada awal tahun ini misalnya, tiga perusahaan besar asal Amerika dan Jepang terpaksa menutup bisnisnya di Indonesia. Jika Ford, brand otomotif asal Amerika memilih menutup semua bisnisnya di Indonesia; maka Toshiba dan Panasonic, brand elektronik asal Jepang, memilih menutup pabriknya di Indonesia pada tahun ini. Dengan rencana penutupan pabrik TV Toshiba dan pabrik lampu Panasonic itu, maka tak kurang 2.600 orang pun terancam menjadi pengangguran.

Sementara itu, Keadaan Ekonomi, Keseimbangan antara Hidup dan Pekerjaan, Kesejahteraan dan Kesehatan Orang Tua, serta Kesehatan masih menjadi kekhawatiran utama konsumen Indonesia pada kuartal keempat 2015. Meski demikian, angkanya relatif stabil dibandingkan dengan kuartal sebelumnya. Keadaan Ekonomi bahkan turun dari 46% menjadi 42%, Keseimbangan Antara Hidup dan Pekerjaan mencapai 17%, serta Kesejahteraan dan Kesehatan Orang Tua mencapai 15%. Adapun Kesehatan mengalami penurunan dari 15% menjadi 13%. Pada kuartal tersebut kekhawatiran akan Kriminalitas tidak lagi muncul, tergantikan oleh adanya kekhawatiran akan Pemanasan Global yang masuk menjadi 5 kekhawatiran utama konsumen Indonesia.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Read previous post:
CRM pun Bisa Menjadi Relationship Management Tools Bagi Praktisi PR

CRM atau Customer Relationship Management rupanya tidak hanya untuk para profesional penjualan. Menurut Alessandra Ceresa seperti dirilis oleh Business2Community.com, CRM...

Close